Kantor Badan Layanan Umum Unit Penyelenggara Bandar Udara (BLU UPBU) Kalimarau di Kabupaten Berau kembali menorehkan prestasi membanggakan dengan meraih penghargaan Pelayanan Prima Utama pada ajang Penganugerahan Penilaian Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi Tahun 2024.
Acara ini diselenggarakan oleh Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Jakarta pada Rabu (14/5/2025).
Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil evaluasi menyeluruh terhadap enam aspek pelayanan, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 49 Tahun 2018, yaitu kebijakan pelayanan, profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana, informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan.
Penilaian terhadap banara yang ada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini dilakukan oleh Tim Juri Independen yang terdiri dari para akademisi, praktisi pelayanan public dan pakar di bidang transportasi.
Penghargaan ini menjadi yang ketiga kalinya bagi UPBU Kalimarau setelah sebelumnya diterima pada tahun 2016 dan tahun 2018.
Prestasi ini juga memperkuat rekam jejak UPBU Kalimarau yang hingga saat ini telah meraih total 15 penghargaan selama masa kepemimpinan Ferdinan Nurdin sebagai Kepala Bandar Udara, terhitung sejak tahun 2023 hingga tahun 2025.
Saat ini, Ferdinan menjabat sebagai Kepala Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah VII Balikpapan dan turut hadir menerima penghargaan atas capaian tersebut.
“Pelayanan publik harus dapat diakses dan dirasakan oleh seluruh masyarakat, termasuk kelompok rentan. Penghargaan ini adalah wujud sinergi dan dedikasi seluruh tim dalam memberikan pelayanan terbaik yang profesional, efektif dan transparan,” ujarnya.
Ferdinan menambahkan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari kerja sama dan kolaborasi antara tim internal UPBU Kalimarau serta mitra eksternal, termasuk maskapai, pemerintah daerah (pemda) dan komunitas bandara.
“Dengan atau tanpa penghargaan, kami tetap berkomitmen menjaga kualitas pelayanan demi kepuasan dan kenyamanan masyarakat Berau dan sekitarnya,” jelasnya.
Selain UPBU Kalimarau, sejumlah satuan kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara juga turut memperoleh penghargaan atas kinerja pelayanan publiknya.
Untuk kategori Pelayanan Prima Madya, predikat ini diraih oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Balai Kesehatan Penerbangan dan Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali.
Selain itu, UPBU Kelas I Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Kota Samarinda, UPBU Kelas I Haluoleo – Kendari, UPBU Kelas I Domine Eduard Osok – Sorong, dan UPBU Kelas III Kuabang – Kao.
Sementara itu, untuk kategori Pelayanan Prima Pratama, predikat diraih oleh UPBU Kelas III Sultan Muhammad Kaharuddin – Sumbawa dan UPBU Kelas I Mutiara Sis Al Jufri – Palu.
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang telah diraih oleh satuan kerja yang mengikuti penilaian tersebut dan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh unit pelayanan publik transportasi udara di Indonesia untuk membangun pelayanan transportasi udara yang semakin profesional, responsif, serta inklusif di seluruh wilayah Indonesia. I