Penerbangan Perintis Bantu Evakuasi Medis Hadir di Waingapu

Program Angkutan Udara Perintis 2024 di Bandara Umbu Mehang Kunda Waingapu di Smba Timur, Nusa Tenggara Timur telah dimulai melalui penerbangan perdana pada 4 Januari 2024.

“Penerbangan perintis ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat karena manfaat yang dirasakan adalah semakin singkat waktu jarak tempuh yang diperlukan untuk mobilitas masyarakat,” jelas Kepala Unit Pengelenggara Bandar Udara (UPBU) Umbu Mehang Kunda Waingapu Denny Ariyanto.

Selain itu, Dia menambahkan, penerbangan perintis ini hadir guna membantu evakuasi medis bagi pasien yang harus dirujuk ke rumah sakit lebih besar.

Bandara Umbu Mehang kunda Waingapu melayani dua rute penerbangan perintis yang dilayani oleh Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU), yaitu PT Asi Susi Pudjiatuti (Susi Air) sebagai penyedia layanan.

Adapun rute yang dilayani di Bandara Umbu Mehang Kunda Waingapu adalah sebagai berikut:

  1. Sabu – Waingapu : 3 x seminggu, yaitu Selasa, Kamis dan Sabtu.
  2. ⁠Waingapu – Ruteng (pp) 2x dalam seminggu yaitu hari Selasa dan Sabtu.

Ditemui di tempat terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Maria Kristi Endah Murni menyatakan, program angkutan udara perintis ini harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, apalagi untuk kebutuhan kemanusiaan seperti evakuasi medis.

“Disinilah terasanya bentuk perwujudan visi pemerintah untuk hadir di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya di Jakarta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan selalu berkolaborasi dengan koordinator wilayah setempat untuk mengawasi dan memonitor program angkutan udara perintis ini sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku.

“Saya terus menghimbau kepada pemerintah daerah setempat untuk dapat bekerja sama dalam kegiatan perintis ini, agar masyarakat semakin mudah dalam bermobilitas, selain itu konektivitas tentunya juga memajukan perekonomian daerah,” tuturnya. I

Kirim Komentar
Baca Juga:  BBWSC3 DAN PEMKOT SERANG INISIASI BERSIH-BERSIH SUNGAI CIBANTEN