Ada 10.113 Kampung Iklim di Indonesia

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat terdapat sebanyak 10.113 kampung iklim di Indonesia dan memastikan bakal terus berupaya agar jumlah itu terus meningkat dan berkelanjutan.

“Dari target 20.000 lokasi kegiatan Proklim (Program Kampung Iklim), saat ini tercatat 10.113 di tahun 2024, di mana pada tahun 2015 sebanyak 4.000 kelompok,” ujar Menteri LHK Siti Nurbaya di hari kedua Festival LIKE 2 di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Untuk mencapai target tersebut, dia meminta konsolidasi dari semua jajaran untuk melihat potensi menambahkan komunitas dan lokasi dari program-program terkait adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di bawah masing-masing direktorat jenderal.

Dia mencontohkan, potensi penambahan komunitas dan lokasi seperti Sekolah Adiwiyata, Perhutanan Sosial, Kemitraan Konservasi, Masyarakat Peduli Gambut, dan Masyarakat Peduli Api.

“Sekarang masih berproses dan konsolidasi seperti Adiwiyata 28.700, Hutan Sosial 10.852, kemitraan konservasi 632, masyarakat peduli gambut 1.300, masyarakat peduli api 704. Total 42.000 kelompok komunitas kita lanjutkan konsolidasi atas komunitas kelompok usaha,” jelasnya.

Menteri Siti juga menyampaikan terima kasih kepada para pejuang lingkungan untuk aksi nyata membangun Indonesia berketahanan iklim dan rendah emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Pada kesempatan itu, Siti Nurbaya juga memberikan penghargaan kepada pelaksana Program Kampung Iklim (Proklim), di antaranya Trophy Proklim Lestari diberikan kepada 34 kampung iklim dan Trophy Proklim Utama kepada 55 kampung iklim.

Selain trophy, diberikan juga penghargaan berupa Sertifikat Proklim Utama kepada 416 kampung iklim yang tersebar di Indonesia.

Apresiasi juga diberikan kepada Pemerintah Daerah yang telah menetapkan kebijakan/peraturan Proklim di tingkat daerah dan melakukan pembinaan ProKlim di wilayahnya.

Apresiasi Pembina Proklim diberikan kepada 10 Pemerintah Daerah Provinsi, dan 53 di tingkat Kabupaten/Kota.

Baca Juga:  Upaya Tekan Deforestasi Indonesia Jadi Perhatian Global

Selain itu, KLHK juga memberikan apresiasi Pendukung Proklim kepada 40 instansi dan lembaga. I

Kirim Komentar