Presiden Buka PON XXI di Aceh dan Sumatra Utara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh – Sumatra Utara (Sumut) 2024 dan mengatakan PON merupakan ajang melahirkan atlet-atlet terbaik bangsa.

Gelaran peresmian PON XXI dilaksanakan di Stadion Harapan Bangsa, Aceh, Senin malam (9/9/2024).

Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Aceh dan pemerintah daerah (pemda), karena telah menjadi tuan rumah PON XXI.

“Malam ini kita semua bergembira, malam ini kita semua bersemangat menyambut pesta olahraga terbesar di tanah air Indonesia. Malam ini saya juga ingin menyampaikan terima kasih, teurimong geunaseh untuk pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Aceh yang menjadi tuan rumah pembukaan PON ke XXI Aceh – Sumatra Utara pada malam hari ini,” katanya, seperti dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden menambahkan, selain mencetak atlet terbaik bangsa, PON juga melahirkan lebih banyak atlet pemecah rekor dunia. Mulai dari ajang ASEAN Games hingga Olimpiade.

“PON ini adalah ajang untuk melahirkan lebih banyak atlet-atlet terbaik bangsa. Melahirkan lebih banyak pemecah rekor dunia. Melahirkan lebih banyak calon peraih mendali emas di ASEAN Games, di SEA Games bahkan Olimpiade,” ujarnya.

Namun, lanjut Presiden, yang juga tidak kalah penting PON juga ajang untuk semakin mempererat persatuan semakin mempererat tali persaudaraan sebagai sebuah bangsa.

Jokowi berpesan kepada para atlet untuk menjaga sportivitas dan juga mengajak semuanya untuk menjunjung semangat kebersamaan dan kegembiraan dalam mengukir prestasi.

“Oleh sebab itu, saya titip betul pegang teguh sportivitas dan firefly. Mari kita semua merayakan Pekan Olahraga Nasional ini dengan semangat kebersamaan, dengan semangat sportivitas dan kegembiraan untuk mengukir prestasi yang membanggakan negeri,” tuturnya.

Baca Juga:  Jalan Akses Sport Center dan Lapangan Gateball di Sumut Selesai Akhir Agustus 2024 Dukung PON XXI

Sebelumnya, Kepala Negara juga mengajak insan olahraga untuk meraih prestasi terbaik dengan mengedepankan semangat sportivitas, integritas dan kerja keras melalui peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2024.

Ajakan itu menjadi rangkaian kalimat ucapan selamat Hari Olahraga Nasional tahun ini yang disampaikan Presiden Jokowi melalui akun media sosial Instagram @jokowi, Senin (9/9/2024).

“Hari ini adalah momentum untuk para atlet dan penggemar olahraga agar selalu mengutamakan semangat sportivitas, integritas, serta kerja keras dalam mencapai prestasi terbaik,” katanya.

Dalam pesannya, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa hari ini adalah momentum penting bagi para atlet dan penggemar olahraga.

Kepala Negara juga memberikan penghormatan kepada para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa dan berharap semangat olahraga dapat terus menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, demi bangsa yang lebih sehat dan kuat.

“Salam hormat untuk para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa. Semoga semangat olahraga terus menjadi bagian dari kehidupan kita demi bangsa yang lebih sehat dan kuat,” jelasnya.

Sementara itu, Kontingen Aceh sebagai tuan rumah, menutup defile atlet pada pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, pada Senin malam (9/9/2024).

Sebanyak 906 atlet dan ofisial dari provinsi tersebut terlibat dalam ajang olahraga nasional ini.

Dengan iringan marching band dan dua maskot PON XXI Gajah Putih atau Po Meurah dan Matra atau Harimau Sumatera, mereka dengan suka cita memasuki venue utama.

Peserta defile dari Aceh kompak menggunakan seragam olahraga berwarna merah dengan aksen putih, kuning dan hijau.

Sambil berjalan mengelilingi venue utama, mereka berbaris dan melambaikan tangan sambil menggenggam topi putih bertuliskan Aceh.

Baca Juga:  Kemendagri Minta Parpol Optimalkan Rekrutmen dan Kaderisasi

Sebelumnya, defile atlet dibuka oleh Kontingen Provinsi Bali dan diikuti oleh provinsi lainnya.

Tiga defile dalam urutan terakhir menjadi istimewa, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN), Sumatra Utara dan Aceh.

Sumatra Utara menjadi tuan rumah PON XXI selain Aceh, sedangkan bagi IKN, PON kali ini merupakan PON yang pertama kali. I

 

Kirim Komentar