Generasi Muda Diajak BPTJ Gunakan Transportasi Umum

Dalam rangka meningkatkan penggunaan angkutan umum massal di perkotaan, Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menggelar BisKita Trans Bekasi Patriot Goes to Campus.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kampus Trisakti School of Management, Bekasi diikuti kurang lebih seratus mahasiswa, pelajar dan masyarakat di Kota Bekasi pada Rabu (15/10/2024).

Plt Kepala BPTJ Suharto menyatakan, BisKita merupakan wujud modernisasi layanan angkutan umum yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti AC, sistem pembayaran cashless, serta layanan berbasis teknologi informasi.

“BisKita ini dirancang untuk memberikan layanan angkutan umum yang aman, nyaman, terjangkau, dan berkeselamatan. Kami berharap kehadiran pelajar dan mahasiswa dalam acara ini dapat menjadi pelopor dalam menyebarluaskan informasi mengenai layanan ini kepada keluarga dan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Program BisKita Trans Bekasi Patriot, lanjut Suharto, merupakan bagian dari upaya menghadirkan layanan transportasi yang lebih baik untuk masyarakat.

“Kami ingin generasi muda, khususnya pelajar dan mahasiswa, menjadi pengguna utama transportasi umum dalam berkegiatan sehari-hari,” jelasnya.

Acara sosialisasi ini dikemas dalam bentuk talkshow dengan menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Plt Direktur Angkutan BPTJ Solihin Purwantara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Zeno Bachtiar dan Pengamat Transportasi Yayat Supriatna.

Zeno Bachtiar dalam sambutannya menuturkan, BisKita adalah milik bersama dan manfaatkan, serta jaga bersama.

“Kami terbuka untuk masukan dari semua pihak, termasuk mahasiswa, agar layanan ini semakin baik di masa depan,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa Dishub Kota Bekasi bersama BPTJ berencana mengembangkan lebih banyak koridor BisKita Trans Bekasi Patriot yang terintegrasi dengan pusat-pusat keramaian, seperti stasiun KRL.

Sementara itu, Yayat Supriatna menekankan pentingnya keberadaan transportasi umum yang terjangkau dan terintegrasi sebagai bagian dari upaya mensejahterakan masyarakat.

Baca Juga:  BPTJ Selesaikan Lajur Khusus Sepeda di Kota Tangerang

“Layanan BisKita Trans Bekasi Patriot harus dikembangkan agar ke depannya memiliki jalur khusus (dedicated line), sehingga jadwal dan waktu tempuh lebih terjamin,” ungkapnya.

Acara ini juga bertujuan memperkenalkan layanan BisKita Trans Bekasi Patriot yang saat ini melayani rute dari Summarecon Mall Bekasi menuju Perumahan Vida Bekasi.

Layanan BisKita Trans Bekasi patriot masih bertarif nol rupiah, memudahkan masyarakat untuk mencoba menggunakan angkutan umum modern ini yang juga telah terintegrasi dengan Stasiun LRT Bekasi Barat, serta beberapa pusat perbelanjaan, seperti Mega Bekasi Mall, Revo Mall, Metropolitan Mall, dan Grand Metropolitan Mall.

BisKita Trans Bekasi Patriot diluncurkan pada 3 Maret 2024 sebagai bagian dari program angkutan umum perkotaan berbasis skema Buy the Service (BTS) yang digagas oleh Kementerian Perhubungan melalui BPTJ.

Layanan yang telah dilengkapi dengan sistem berbasis teknologi informasi ini dapat dipantau secara real time melalui aplikasi Mitra Darat, sehingga dapat lebih mudah merencanakan perjalanan.

BisKita Trans Bekasi Patriot pada Oktober 2024 telah mengangkut 30.472 penumpang dan total load factor mencapai 57,28%.

Jumlah ini terus meningkat sejak Maret lalu dengan total penumpang dari awalnya 20.251 dan load factor 18% mencapai 32.116 dan load factor 29% pada April 2024.

Pada Mei 2024. total penumpang terus mengalami peningkatan dengan jumlah 38.059 dan load factor 36%. Adapun di Juni, total penumpang mencapai 44.062 dan load factor 38,23%.

Peningkatan jumlah penumpang di Juli tercatat 53.595 dengan load factor 45,23%. Jumlah penumpang pada Agustus mencapai 55.210 dan September meningkat hingga 58.130 dengan load factor pada bulan tersebut masing-masing 46,44% dan 50,68%.

Layanan BisKita Trans Bekasi Patriot tidak hanya menawarkan kenyamanan dan keamanan, tetapi juga diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan kemacetan dan polusi di Kota Bekasi.

Baca Juga:  Bimtek Tata Cara Pengereman Kendaraan Angkutan Penumpang Kembali Digelar BPTJ

Rute-rute yang dilayani saat ini di antaranya mencakup beberapa pusat perbelanjaan dan akses ke Stasiun LRT Bekasi Barat, yang membuatnya menjadi pilihan ideal bagi mobilitas warga Bekasi.

Dengan hadirnya layanan ini, diharapkan masyarakat, terutama pelajar dan mahasiswa, dapat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum, sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan angkutan umum untuk mewujudkan sistem transportasi yang berkelanjutan.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Kepala Polsek Rawalumbu, camat – camat di wilayah Kota Bekasi dan Komandan Koramil 703/TP. I

Kirim Komentar