Pemkab Garut Apresiasi Kehadiran Rumah Vaksinasi

Pemerintah Kabupaten (Pemdakab) Garut menyambut baik kehadiran Rumah Vaksinasi Garut yang diharapkan dapat mendukung program percepatan vaksinasi di Kabupaten Garut.

Apresiasi ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut dr. Leli Yuliani, saat menghadiri acara Grand Opening Rumah Vaksinasi Garut yang berlokasi di Jalan Merdeka, Kabupaten Garut.

“Pemkab Garut, khususnya Dinas Kesehatan sangat mengapresiasi kehadiran Rumah Vaksinasi ini karena akan sangat membantu dalam upaya pencegahan penyakit yang bisa dicegah melalui vaksinasi,” katanya.

Dia menjelaskan, saat ini Pemdakab Garut sedang melaksanakan program vaksinasi untuk masyarakat, termasuk 14 jenis vaksin sebagai pencegahan primer (primary prevention).

Program ini mencakup pemberian vaksin untuk balita, anak sekolah, remaja, dan ibu hamil.

Dengan adanya Rumah Vaksinasi Garut, dia berharap masyarakat memiliki alternatif tempat vaksinasi selain puskesmas dan rumah sakit.

“Mudah-mudahan kehadiran rumah vaksin ini menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat untuk mendapatkan vaksin, sehingga target vaksinasi di Kabupaten Garut dapat tercapai dan masyarakat lebih terlindungi dari penyakit yang bisa dicegah,” tuturnya.

Owner Rumah Vaksinasi Garut Putri Auliya Hilfa Lubis mengungkapkan, Rumah Vaksinasi Garut menyediakan berbagai layanan vaksinasi, baik dari program pemerintah maupun nonpemerintah.

Layanan ini mencakup vaksinasi untuk bayi, anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Fasilitas vaksinasi juga tersedia bagi ibu hamil, traveler internasional, komunitas, dan sekolah.

Dia menegaskan, salah satu keunggulan dari Rumah Vaksinasi Garut adalah adanya pemisahan ruang antara pasien sehat dan yang sakit, sehingga mengurangi kekhawatiran masyarakat yang sehat saat menunggu antrean vaksinasi.

Rumah Vaksinasi juga memberikan edukasi serta screening tumbuh kembang anak untuk mendeteksi dini gangguan tumbuh kembang dan akan merujuk ke tenaga kesehatan yang berkompeten jika diperlukan.

Baca Juga:  BNPB Salurkan Bantuan Penanganan Darurat Banjir Demak

“Hal ini diharapkan kami dapat membantu tenaga-tenaga kesehatan lain di pemerintahan maupun nonpemerintahan agar bisa merujuk pasien tersebut apabila memang ada kelainan,” ujarnya.

Selain itu, Rumah Vaksinasi Garut dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti ruang menyusui, ruang ganti popok, toilet anak, ruang konseling menyusui, serta playground untuk anak-anak, dengan tujuan membuat pengalaman vaksinasi menjadi lebih menyenangkan.

“Yang nantinya anak-anak yang datang ke Rumah Vaksinasi Garut diharapkan tidak merasa bahwa suntikan vaksinasi itu menakutkan,” jelasnya.  I

 

Kirim Komentar