KEMENPAREKRAF DUKUNG PENGEMBANG GIM INDONESIA DI TOKYO GAME SHOW 2022

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendukung penuh kehadiran pengembang gim Indonesia di ajang pameran gim internasional Tokyo Game Show (TGS) 2022.

Acara TGS 2022 merupakan salah satu pameran video gim terbesar di dunia dan terbesar di Asia yang diadakan di Jepang pertama kali pada tahun 1996 dengan jumlah pengunjung mencapai 298.000 orang dari seluruh dunia.

Event ini merupakan event yang ke-27 dan diadakan secara hybrid setelah dua tahun sebelumnya diadakan secara daring dikarenakan pandemi Covid-19 dan jumlah penonton mencapai 39 juta orang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, semakin optimistis dengan upaya kolaborasi bersama sejumlah pihak untuk semakin mengenalkan industri gim Indonesia di pasar internasional dan menghasilkan capaian bisnis yang bermanfaat bagi industri gim lokal.

“Indonesia diwakili oleh 10 pengembang gim yang telah terpilih melalui rangkaian proses open call dan kurasi. Ke-10 pengembang ini akan berpartisipasi di dalam sesi Business Day pada 15-16 September 2022,” katanya dalam keterangannya, Kamis (15/9/2022).

TGS 2022 diselenggarakan pada 15-18 September 2022 di Makuhari Messe, Chiba, Jepang dan akan dihadiri oleh berbagai pengembang gim besar berkelas dunia, seperti Capcom, Sony Interactive Entertainment, Konami, Bandai Namco, Sega, Nintendo, Ubisoft, dan sebagainya.

Event ini juga diikuti oleh 465 exhibitor dari berbagai negara dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sandiaga menjelaskan, Kemenparekraf bekerja sama dengan kementerian-kementerian dan lembaga terkait, seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Osaka, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Jepang, dan Asosiasi Game Indonesia (AGI).

Baca Juga:  BENDUNGAN SADAWARNA KEDEPANKAN KONSEP GREEN NATURAL RECYCLE

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh kementerian dan lembaga yang ikut serta dalam mendukung dan memberangkatkan para delegasi kita ini ke Chiba, Jepang,” ungkapnya.

Jadi, Sandiaga menyampaikan harapannya dapat meningkatkan ekspor, kesempatan, serta capaian bisnis dari game product dan game related product dari industri gim lokal Indonesia di pasar gim internasional.

Sementara itu, Plt Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani menjelaskan, kolaborasi dari stakeholder terkait bagi ke-10 pengembang gim asal Indonesia di ajang TGS 2022 adalah dukungan fasilitasi penyediaan booth dalam business meeting area TGS 2022.

Selain itu, akses terhadap TGS 2022 Business Matching System dan Meet2MatchThe Tokyo Edition, pelaksanaan Business Forum & Matching hasil kerja sama dengan ASEAN Japan Center yang akan mempertemukan delegasi Indonesia dengan komunitas dan perkumpulan industri gim dan animasi asal Jepang.

Selanjutnya promosi dan publikasi bagi para delegasi partisipan, dukungan bantuan travel grant dan penyelenggaraan networking meeting bersama investor, serta komunitas industri gim di Jepang.

“Melalui fasilitasi ini kita harapkan industri gim di Indonesia bisa semakin maju dan diperhitungkan di pasar internasional,” tuturnya.

Kemudian, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Erwita Dianti menegaskan, dalam TGS 2022 ini, kontingen Indonesia membawa nama branding campaign GotGame.id: Games From Indonesia yang dipilih untuk merepresentasikan program pemasaran produk gim Indonesia di luar negeri.

GotGame.id: Games From Indonesia adalah sebuah platform gabungan dari seluruh stakeholder industri gim Indonesia untuk membawa produk gim terbaik asal Indonesia ke pentas dunia,” tuturnya. I

Kirim Komentar