Ada 28 Kloter Terbang dari Bandara Hang Nadim dan Ditjen Hubud Pastikan Kelancaran Keberangkatan Calon Jemaah Haji

Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan sebagai kepanjangan tangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubud Kemenhub) memastikan penerbangan haji kelompok terbang (kloter) dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Jeddah, Arab Saudi berjalan dengan aman dan lancar.

“Dari total 12.437 calon jemaah haji yang dibagi menjadi 28 kloter. Sampai hari ini sudah kloter 16 yang terdiri dari 7.092 calon jemaah haji yang diberangkatkan,” jelas Kepala Bidang Pengoperasian dan Pelayanan Bandar Udara, Maraden Purba pada Selasa (28/5/2024).

Dia menuturkan, calon jemaah haji yang berangkat dari embarkasi Batam berasal dari Kepulauan Riau, Riau dan Provinsi Kalimantan Barat, dengan menggunakan Pesawat Saudi Arabian Airlines berjenis Boeing 747-400.

Menurut Maraden Purba, Bandara Internasional Hang Nadim juga telah mempersiapkan fasilitas pelayanan bagi calon jemaah haji lansia dan berkebutuhan khusus.

“Calon jemaah haji tertua tahun ini berusia 93 tahun. Untuk, itu telah disediakan kursi roda dan petugas haji yang akan membantu proses keberangkatan dari asrama hingga menuju ke pesawat,” jelasnya.

Adapun proses kedatangan calon jemaah haji hadir di asrama satu hari sebelum keberangkatan, untuk istirahat dan proses pemeriksaan bagasi tercatat dan bagasi kabin guna keamanan dan keselamatan penerbangan.

Peralatan pengecekan berupa x-ray gudang, x-ray kabin, hand metal detector dan juga walktrough metal detector berfungsi dengan baik.

Begitupun dengan Wheelchair, High Lift Loader, Pushback Truck dan standar peralatan lainnya dalam penyiapan pesawat udara telah tersedia di Bandara Hang Nadim.

“Berkat kerja sama yang terjalin baik antara Ditjen Perhubungan Udara, Airnav Indonesia, PT Angkasa Pura I, PT. Bandara Internasional Batam, Saudi Arabia Airlines dan PT Gapura Angkasa, maka suasana hangat dalam hal pelayanan haji ramah lansia tahun ini sangat terasa, semoga calon jemaah haji mendapatkan pengalaman dan pelayan terbaik berangkat dari Bandara Hang Nadim,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemerintah Terbitkan Rencana Perjalanan Haji 1445 Hijriah

Tentunya berharap kelancaran keberangkatan calon jemaah haji ini dapat terlaksana sampai kloter terakhir nanti, begitupun pada saat kepulangan nanti.

“Semoga pelayanan calon jemaah haji tahun 2024 semakin meningkat dan terus mengalami perbaikan, sehingga memberikan rasa aman dan nyaman selama keberangkatan dan kepulangan nanti. Semoga mereka menjadi haji yang mabrur,” tuturnya. I

 

Kirim Komentar