Wakil Menteri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Helvi Moraza menyatakan, setidaknya ada empat pilar agar bisnis UMKM bisa naik kelas, yakni pilar Loyalitas, Integritas, Disiplin dan Inovasi.
“Empat pilar ini merupakan hal yang krusial agar UMKM bisa bertahan berkelanjutan dalam bisnis,” kata Helvi saat menjadi pembicara kunci dalam diskusi Menatap Masa Depan: Transformasi dan Peluang UMKM Indonesia di Jakarta.
Dia menambahkan, misi Kementerian UMKM adalah sustainable atau bisnis UMKM yang berkelanjutan.
“Karena ini, kami juga menjalin kerja sama dengan banyak pihak termasuk dengan Kementerian Investasi untuk bisa membuka pasar di luar negeri,” ujar Wamen Helvi.
Dia mengungkapkan, dari empat pilar tersebut, inovatif merupakan hal yang sangat penting, karena tanpa adanya inovasi akan sulit bagi UMKM untuk naik kelas.
“Pengusaha kalau ingin naik kelas harus inovatif, kalau tidak, akan jadi pengusaha menunggu takdir ya begitu begitu saja. Nah, melalui inovasi UMKM dapat merespons perubahan pasar, kecepatan menghadapi pasar, menghadapi persaingan yang berujung kepada ketangguhan,” ungkap Wamen Helvi.
Dia menyebutkan, pelaku UMKM tidak bisa lagi dilakukan secara konvensional.
“Menentukan perencanaan kemudian menghitung proses bisnis kemudian mengantisipasi pasar salah satunya ya sudah harus masuk ke tipe form digital,” tuturnya. I