AKI dan Inkubasi Home Decor Tepat Sasaran dan Manfaat bagi Jenama Kreatif Lokal

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bertemu dengan para alumni program yang diinisiasi Kemenparekraf, yakni Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) dan Inkubasi Home Decor.

Dalam pertemuan tersebut, Menparekraf Sandiaga mengajak para alumni membahas manfaat yang diperoleh setelah mereka mengikuti program-program tersebut.

Menurutnya, kontribusi sektor ekonomi kreatif Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, dan pada kesempatan itu ia mendapati ulasan dari alumni program Kemenparekraf sangat positif.

Sandiaga menambahkan, program-program Kemenparekraf semakin terbukti membawa dampak baik bagi pelaku ekraf di Indonesia.

“Ternyata hasil dari program-program ini mampu meningkatkan kinerja UMKM bahkan sampai bisa menembus ke pasar ekspor. Ini menunjukkan bahwa program-program ini tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu,” katanya.

Adapun alumni yang bertemu dengan Menparekraf Sandiaga di antaranya pendiri MACHA Store, Gomgom Panggabean dan Cici Panggabean, Direktur CV Maharani Irene Setiwati, serta Co-Founder Muntigunung Arie Wibowo.

Selain mengikuti AKI dan Inkubasi Home Decor, alumni tersebut juga merupakan peserta dari IP Branding Project, sehingga merek usaha mereka sudah mengantongi kekayaan intelektual.

Sandiaga yakin bahwa ekonomi kreatif Indonesia memiliki kualitas yang disertai nilai tambah dari kekayaan intelektual.

Terlebih desain-desain yang dirancang oleh para alumni banyak yang mengambil inspirasi dari kearifan lokal dan budaya yang ada di Indonesia.

“Para pelaku ekraf ini berharap agar program-program tersebut dapat berkelanjutan,” ungkapnya. I

Kirim Komentar
Baca Juga:  Pelaku Usaha Parekraf Harus Berikan Layanan Terbaik Saat Libur Lebaran 2023