Artis Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle

Google Doodle pada hari ini, Senin (29/1/2024) menjadikan Siti Aminah Cendrakasih pada tampilan awal laman tersebut.

Siti Aminah Tjendrakasih adalah pemeran dan model Indonesia. Namanya mulai dikenal setelah membintangi film Serampang 12 dan Asrama Dara.

Kelahiran Magelang, 29 Januari 1938 meninggal 21 Desember 2022

Anak enam orang dari suami Idris, yakni Latifa Dzanah, Ade Purbasari, Mila Permata Sari, A.K. Hadi Permana, Imam Adzhari Permana, dan Arief Iskandar

Aminah Cendrakasih adalah anak dari Wolly Sutinah atau lebih dikenal dengan Mak Wok, yang aktif di layar kaca antara tahun 1926 hingga tahun 1987.

Artis yang biasa disapa Mak Nyak ini, bermain sebagai emak Rano Karno alias Si Dul dengan suami Benyamin S.

Kalau diperhatikan, sosok Aminah Cendrakasih dibingkai dengan televisi jadul berwarna cokelat yang membentuk huruf “O”. Sedangkan, huruf yang lainnya dihiasi oleh bunga.

Ketenarannya meroket setelah berperan di Serampang 12 pada tahun 1956, sebuah film tari populer yang bercerita tentang kisah cinta dewasa. Film tersebut memikat penonton di seluruh Indonesia.

Laman Google Doodle melaporkan, di masa remajanya, dia mengikuti jejak orang tuanya untuk berkarir di dunia hiburan.

Pada tahun 1955, dia membuat penampilan debutnya di Oh, Ibuku (Oh, Ibuku).

Pada tahun yang sama, ia berakting bersama ibunya sendiri di Gambang dari Semarang dan mendapatkan peran utama pertamanya dalam Ibu dan Putri (Ibu dan Putri).

Selama beberapa dekade berikutnya, Cendrakasih mendapatkan lebih dari 100 peran dalam acara dan film terkenal seperti Taman Harapan (Taman Harapan). I

 

Kirim Komentar
Baca Juga:  GUBERNUR LAMPUNG AJAK ASN PATUHI ATURAN DAN JAUHI PAHAM RADIKALISME