BANDARA KOMODO ANTISIPASI KUNJUNGAN WISMAN DARI BALI

Bandara Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Istimewa)
Bagikan Artikel

Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia bagian Timur ini mengundang banyak maskapai penerbangan membuka rute dari berbagai kota di tanah air, bahkan melakukan sistem transit untuk rute penerbangannya.

Maskapai AirAsia salah satunya, yang membuka kembali layanan penerbangan berjadwalnya ke Bandara Komodo di Labuan Bajo mulai 20 Mei lalu dari Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali.

Menurut Kabandara Komodo Hariyanto, AirAsia sebagai penerbangan maskapai terbesar di Malaysia membuka kembali penerbangannya ke Labuan Bajo setelah sebelumnya tutup karena pandemi Covid-19.

“Dengan dihapuskannya syarat tes Covid bagi wisatawan mancanegara yang sudah divaksin penuh untuk masuk ke Indonesia dan tidak ada karantina membuka peluang kedatangan di Labuan Bajo melalui Bandara Komodo,” katanya.

Apalagi, lanjut Hariyanto, potensi peningkatan yang sangat besar terhadap jumlah wisatawan mancanegara (wisman) dalam beberapa bulan ke depan, seperti dari Australia ke Bali cukup besar, mengingat bertepatan dengan libur musim dingin di negara itu.

“Kami siap melayani dan berharap wisman dari Bali ini melanjutkan liburannya ke Labuan Bajo, sehingga pergerakan penumpang dan pesawat dapat meningkat, serta menumbuhkan perekonomian di wilayah ini,” tuturnya.

Seperti data Badan Pusat Statistik (BPS) tentang jumlah kunjungan wisman ke Indonesia melalui pintu masuk utama pada April 2022, paling banyak adalah dari Australia, kemudian dari Singapura dan Malaysia.

Selain itu, wisatawan nusantara (wisnus) dari berbagai daerah seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Solo, dan Surabaya juga dapat terhubung ke Bandara Komodo melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai. I

 

 


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here