BATIK BERPERAN PENTING SEBAGAI ALAT DIPLOMASI BUDAYA

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Kabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo mengatakan, batik sebagai warisan budaya tak benda yang telah diakui oleh UNESCO sejak tahun 2009 berperan penting sebagai alat diplomasi budaya.

Hal tersebut disampaikan Wamenparekraf Angela, dalam acara pembukaan webinar Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), bertemakan Peran Perempuan Eksplorasi dalam Tata Ruang dan Sehelai Batik yang berlangsung secara daring, pada Jumat (26/5/2023).

Batik diungkapkannya, memiliki sederet makna yang mendalam bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Batik sudah menjadi pakaian sehari-hari dari mulai ke kantor, ke sekolah, sampai acara resmi.

Selain itu, Angela menambahkan, pola batik mengandung makna dan di dalamnya juga merekam sejarah Indonesia. Batik memiliki beragam pengaruh budaya dari kaligrafi Arab, bunga Eropa, hingga burung phoenix Tiongkok dalam pola-polanya.

Mwnurutnya, melalui batik pula lebih dari 3.000 UMKM menggantungkan hidupnya. Hal ini menjadi bukti bahwa batik secara nyata mendukung peningkatan ekonomi.

“Dan yang utama, batik adalah identitas bangsa Indonesia. Sehingga batik adalah alat diplomasi budaya yang sangat-sangat ampuh” ujar Angela.

Dalam berbagai kesempatan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan batik Indonesia kepada para pemimpin dunia. Seperti pada event internasional G20 2022 dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

Para pemimpin dunia juga mengenakan batik yang pada akhirnya menjadi sebuah promosi dan pemberitaan hangat di berbagai media internasional.

“Potensi pengembangan usaha batik masih terbuka dengan luas. Apalagi konsumsi produk dan jenama lokal meningkat sejak adanya program pemerintah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau Gernas BBI yang terus dilaksanakan setiap tahunnya untuk melakukan on boarding UMKM go digital dan juga mendorong kecintaan masyarakat terhadap produk-produk Indonesia,” jelas Angela.

Baca Juga:  KEMENPAREKRAF LUNCURKAN POLA PERJALANAN WISATA TEMATIK “BOROBUDUR TRAIL OF CIVILIZATION”

Pengembangan usaha batik tidak hanya dalam hal menjual kain batiknya saja, tapi dapat dikreasikan menjadi berbagai jenis produk.

Mulai dari baju, jaket, tas, sampai aksesoris rumah tangga seperti bantal, selimut, taplak meja, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah bagi industri batik.

Tidak hanya itu, aktivitas membatik juga merupakan atraksi dan aktivitas wisata yang bisa mendatangkan wisatawan.

Sebut saja Desa Wisata Batik Giriloyo di Bantul, Yogyakarta, yang sudah berhasil mendatangkan hampir 4.000 wisatawan macanegara dan wisatawan nusantara dalam setiap bulannya.

Ke depan tentunya, Angela menambahkan,, diharapkan ibu-ibu IWAPI yang sangat kreatif ini bisa turut mengembangkan batik Indonesia, agar semakin relevan bagi generasi muda dan untuk konsumsi masyarakat dunia.

“Karena kita sadari bahwa ada manfaat ekonomi di sini, dari pengembangan usaha batik. Ada upaya pelestarian budaya Indonesia. Namun, yang terpenting ada keberpihakan terhadap perempuan, karena mayoritas pengrajin batik adalah perempuan,” kata Angela. I

Kirim Komentar