BLU Sebagai Upaya Ditjen Hubdat Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubdat) berkomitmen meningkatkan pelayanan transportasi darat yang baik dan terukur kepada masyarakat.

Salah satunya melakukan perubahan unit-unit kerja menuju tata kelola yang lebih modern dan efisien dalam hal ini adalah Transformasi Menuju Badan Layanan Umum (BLU).

Kepala Bagian SDM dan Umum Eko Agus Susanto saat membacakan sambutan Sekretaris Ditjen Hubdat menyatakan, pihaknya memiliki tugas dan fungsi yang salah satunya adalah membangun sarana dan prasarana untuk mendukung aktivitas ekonomi, sosial dan budaya yang akan bermanfaat bagi masyarakat.

Alhamdulillah melalui perjuangan yang kita mulai pada tahun 2022 berakhir dengan diterbitkannya Surat Menteri PAN RB Nomor B/1545/M.KT.01/2023,” ujarnya pada Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Bidang Perhubungan Darat Tahun 2024 di Ballroom Swissbell Hotel, Solo, Selasa (30/7/2024).

Menindaklanjuti surat persetujuan dari Menteri PANRB maka diterbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 11 Tahun 2024 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Terminal Tipe A Tirtonadi, serta Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 6 tentang organisasi dan tata kerja Balai Pengelola Transportasi Darat.

“Karena Terminal Tirtonadi sebagai Pilot Project maka harus lebih optimal dengan menerapkan prinsip keterbukaan, akuntabilitas, kredibilitas, tanggung jawab dan keadilan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, Terminal Tirtonadi diharapkan segera menindaklanjuti kewajiban sejak disahkannya Kantor Terminal Tirtonadi menjadi BLU.

Sejak transformasi Terminal Tirtonadi menjadi BLU, maka terminal tersebut terpisah dengan BPTD Kelas II Jawa Tengah, walaupun masih dalam pengawasan BPTD Kelas II Jawa Tengah.

Dalam hal ini Terminal Tirtonadi memiliki tugas dan fungsi, susunan organisasi, tata kerja dan kewajibannya sendiri.

“Kepala Kantor diharapkan mengoptimalkan SDM yang ada untuk memastikan pelaksanaan tupoksi organisasi berjalan efektif, efisien dan menghasilkan layanan publik yang berkualitas,” jelas Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Retno Dewayani.

Baca Juga:  BANGUNAN HOTEL BINTANG EMPAT DIPAMERKAN PAKONS KONTRUKSINDO DALAM FORUM BISNIS PARIWISATA

Layanan BLU dapat di arahkan untuk menghasilkan manfaat yang mendukung stabilasi ekonomi dan fiskal, pengelolaan BLU sejalan dengan praktik bisnis yang sehat, yakni senantiasa meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Kegiatan ini dihadiri oleh 105 peserta di antaranya para Kepala BPTD Kelas II Jateng dan Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Wilayah BPTD Kelas II Jateng dan BPTD Kelas III DIY, perwakilan unit kerja di lingkungan Ditjen Hubdat, serta stakeholder terkait. I

Kirim Komentar