Bosch, penyedia teknologi dan layanan bersama dengan Alibaba Group, perusahaan teknologi global yang berfokus pada e- commerce dan cloud computing mengumumkan perluasan kemitraan strategis.
Perluasan kemitraan tersbut untuk mempercepat transformasi digital melalui teknologi komputasi awan (cloud) dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang canggih.
Kolaborasi yang diperkuat ini akan berfokus pada operasional enterprise berbasis cloud, inovasi bisnis berbasis AI dan ekspansi e-commerce.
“Kemitraan ini membuka peluang yang sangat menjanjikan bagi Bosch dan Alibaba untuk memperluas penawaran kami di pasar global,” ujar Anggota Dewan Manajemen Bosch dan Chief Digital Officer Tanja Rückert.
Dengan bergabungnya kekuatan infrastruktur cloud, lanjutnya, kapabilitas AI dan jangkauan pasar e-commerce Alibaba dengan keahlian teknologi Bosch dalam mobilitas, teknologi industry, serta barang konsumsi dapat mendorong efisiensi dan inovasi yang lebih besar di seluruh dunia.
AI telah menjadi penggerak utama inovasi di semua lini bisnis Bosch, dan kolaborasi dengan mitra kuat, seperti Alibaba sangat penting bagi kami untuk mewujudkan potensi penuh serta menciptakan nilai tambah yang lebih besar.
“Kemitraan dengan Bosch ini menunjukkan komitmen kami untuk memberdayakan bisnis global dengan teknologi kelas dunia, sekaligus menegaskan kekuatan Alibaba dalam AI dan komputasi awan,” ujar Joe Tsai, Chairman Alibaba Group.
Keahlian Bosch dalam solusi otomotif canggih dan peralatan rumah tangga, dipadukan dengan inovasi Alibaba dalam cloud, AI dan e- commerce akan memungkinkan kedua perusahaan menghadirkan proposisi nilai yang menarik bagi pelanggan di seluruh dunia.
Kemitraan yang diperluas ini, dengan fokus pada migrasi cloud dan kolaborasi AI, menandai langkah penting dalam memperkuat operasi digital Bosch, serta mendorong inovasi di sektor industri.
Sebagai bagian dari strategi cloud hyperscaler milik Bosch Group, kolaborasi antara Bosch dan Alibaba mencakup berbagai lini bisnis, termasuk operasional korporat, peralatan rumah tangga, serta kendaraan komersial, guna meningkatkan efisiensi operasional dan memungkinkan proses bisnis yang lebih cerdas.
Selain itu, kedua perusahaan juga akan menjajaki potensi untuk menjalankan lingkungan berkendara cerdas milik Bosch di atas infrastruktur AI Alibaba Cloud.
Kemitraan ini akan memanfaatkan kapabilitas AI milik Alibaba, untuk mendukung bisnis Bosch, baik dalam meningkatkan efisiensi operasional maupun memperkuat kecerdasan produk.
Pada sektor otomotif, misalnya, kedua perusahaan berencana mengevaluasi penggunaan model multimodal berbasis Qwen guna meningkatkan pengalaman kokpit cerdas melalui interaksi dalam kendaraan yang lebih intuitif.
Kedua perusahaan juga akan menjajaki peluang untuk mengembangkan solusi kendaraan otonom generasi berikutnya dengan memanfaatkan model bahasa visual Qwen, guna meningkatkan akurasi dalam pengenalan skenario jalan secara real time.
Sebagai pilar utama dari perluasan kemitraan ini, Bosch dan Alibaba akan memperkuat pertumbuhan dan inovasi di sektor e-commerce melalui ekspansi portofolio produk, peningkatan keterlibatan pelanggan, serta optimalisasi pengalaman merek.
Pada tahun 2025, Bosch berencana meluncurkan kategori produk baru di Cina dengan wawasan dari pelanggan dari platform e-commerce milik Alibaba.
Perusahaan ini juga akan mendukung Bosch dalam menjangkau basis konsumen yang lebih luas di Tiongkok melalui strategi pemasaran digital omnichannel yang komprehensif.
Berdasarkan kerangka kolaborasi mereka di pasar Tiongkok, Bosch akan memperluas jejak e- commerce ke Asia Tenggara, Spanyol dan Amerika Latin melalui platform global milik Alibaba seperti Lazada, Miravia, serta AliExpress, untuk menjangkau lebih banyak konsumen lokal dengan produk – produk inovatif dan berkualitas tinggi.
Kolaborasi e-commerce antara Bosch dan Alibaba dimulai sejak tahun 2017. Sejak itu, Bosch telah membangun kehadiran yang kuat di platform Tmall, menawarkan berbagai produk konsumen, seperti peralatan rumah tangga, perkakas listrik, sistem pemanas, hingga suku cadang otomotif aftermarket.
Upaya bersama dalam bidang pemasaran, penjualan, program keanggotaan dan layanan online to offline telah secara signifikan memperkuat ekosistem digital, serta keterlibatan pelanggan Bosch di pasar Tiongkok. I