DERETAN PRODUK KREATIF DAN SENI KHAS DESA WISATA SAMBUT WISATAWAN DI BANDARA LOMBOK

Showcasing produk ekonomi kreatif (ekraf) di area selasar terminal kedatangan Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Masyarakat dan wisatawan diperlihatkan event sport tourism kelas dunia Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022) di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang dimulai 18 Maret 2022.

Para wisatawan juga telah banyak berdatangan melalui berbagai pintu masuk. Salah satunya di Bandara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM).

Wisatawan mendapatkan pengalaman berbeda, yakni saat wisatawan menginjakkan kaki di Bandara Lombok.

Selain ornamen dan hiasan khas MotoGP, wisatawan juga disuguhi deretan produk ekonomi kreatif UMKM serta berbagai karya seni dari desa wisata yang ada di Lombok.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dalam penyelenggaraan side event untuk promosi dan mengamplifikasi penyelenggaraan MotoGP Mandalika dengan menghadirkan showcasing produk ekonomi kreatif (ekraf) yang berlokasi di area selasar terminal kedatangan BIZAM.

Berbagai produk ekraf UMKM yang ditampilkan tersebut adalah khas dari desa wisata di Pulau Lombok, seperti produk UMKM dari Desa Wisata Dusun Sade berupa kain tenun, kerajinan, serta tarian.

Adapun kain tenun yang ditampilkan adalah Kedogan, Tapu Kemalu, Selulut, Subhanale, serta Keker.

Sementara itu, untuk kerajinan dalam showcasing ini ditampilkan kerajinan ketak, kerajinan gelang, kerajinan kayu, serta pernak-pernik khas Dusun Sade.

Wisatawan juga berkesempatan menyaksikan pertunjukan budaya atau culturale performance berupa tarian yang ikonis, di antaranya Tari Amak Temengus dan Tari Belancaran dari Desa Wisata Dusun Sade, serta Tari Gendang Beleq dari Desa Wisata Kopang Rembiga.

Wisatawan juga dapat melihat langsung keahlian para pengrajin kain tenun dari Dusun Sade.

Dalam mempromosikan produk ekonomi kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf melalui Deputi Bidang Pemasaran juga mengadakan showcasing produk ekraf melalui “Planogram Goes to Mandalika” di tempat yang sama.

Melalui planogram ini wisatawan dapat membeli produk-produk ekonomi kreatif dengan melakukan pindai pada barcode yang tersedia di tiap produk.

Terdapat 300 produk yang terdiri dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner dalam “Planogram Goes to Mandalika”.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, perhelatan MotoGP Mandalika 2022 harus memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi para pelaku UMKM lokal.

“Kehadiran dan dukungan Kemenparekraf/Baparekraf ini diharapkannya dapat menggerakkan dan memberdayakan UMKM. Kita harus pastikan MotoGP ini membawa optimisme kebangkitan, dan kita terus rawat momentum dari kepulihan ekonomi kita,” katanya.

Kemenparekraf/Baparekraf sebelumnya juga telah menjalankan berbagai program dalam memberdayakan UMKM lokal dengan memberikan pelatihan dan peningkatan kompetensi. Sehingga dapat memperkuat daya tarik bagi wisatawan.

“Kita harus dapat menghadirkan produk-produk berkualitas yang tentunya bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi kita,” jelas Sandiaga. I

 


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here