Digital Mindset Jadi Kunci Transformasi Digital UMKM

Kepala Departemen Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia (BI) Anastuty Kusumowardhani mengatakan, digital mindset menjadi kunci dari transformasi digital pada UMKM agar go digital dan naik kelas.

“Yang paling penting untuk transformasi digital adalah digital mindset,” kata Anastuty dalam lokakarya Strategi Go Digital UMKM Zaman Now di Jakarta.

Dia menuturkan, teknologi akan terus berkembang.

Untuk itu, pola pikir (mindset) UMKM harus terus beradaptasi dengan inovasi, mempelajari hal-hal yang baru dan memanfaatkan inovasi-inovasi yang ada. Hal itu merupakan kunci utama keberhasilan UMKM untuk terus naik kelas.

Anastuty menuturkan, ekonomi digital Indonesia diprediksi dapat tumbuh hingga mencapai US$110 miliar pada tahun 2025, utamanya didorong oleh e-commerce.

Beberapa faktor yang memperkuat prediksi tersebut, antara lain adalah adanya percepatan akses internet, peningkatan penetrasi smartphone dan inisiatif pemerintah dan sektor swasta untuk mendukung transformasi digital.

Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia pada 2024, penetrasi internet Indonesia mencapai 79,5%, tetapi belum seluruh wilayah Indonesia dapat mengakses internet.

Dia berharap seluruh pihak dapat terus bersinergi dalam mendukung transformasi UMKM go digital dan membantu para pelaku UMKM khususnya untuk menjawab tantangan yang dihadapi dalam melakukan transformasi digital yang semakin dinamis.

“Dengan demikian UMKM sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia dapat tumbuh dengan lebih kuat dan kompetitif baik di pasar nasional maupun global,” ungkapnya. I

 

 

 

 

Kirim Komentar
Baca Juga:  KETERLIBATAN UMKM DI REST AREA TOL TRANS JAWA DI ATAS 70%