Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional Sediakan 22.000 Lowongan Kerja

Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Afriansyah Noor (tengah) dan Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker Budi Hartawan (kanan) menyaksikan proses kegiatan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPPV) Bekasi di Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional Tahun 2022. (dok. indonesai)
Bagikan Artikel

Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional Tahun 2022 menyediakan informasi lebih dari 22.000 lowongan pekerjaan dengan melibatkan 175 perusahaan ternama di Indonesia dari 28-30 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Menurut Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor, penyelenggaran Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional Tahun 2022 ini merupakan puncak dari acara Bulan Pelatihan Vokasi Nasional (BPVN) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

“Kemnaker memilih bulan Oktober sebagai agenda BPVN sebagai upaya dalam menampilkan ekosistem ketenagakerjaan dengan beberapa alasan pendukung,” katanya saat pembukaan acara tersebut di JCC Senayan pada Jumat (28/10/2022).

Pembukaan acara diawali dengan pengguntingan pita dengan didampingi oleh Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker Budi Hartawan, Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Suhartono dan Irjen Kemnaker Estiarty Haryani

Alasan pendukung lainnya dalam penetapan BPVN 2022 adalah bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, bertepatan dengan proses kelulusan peserta didik tahun ajaran, pemilihan lokasi strategis untuk mempermudah audiens dan Oktober menjadi bulan pameran terbanyak.

“Saya menyambut baik inisiatif Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas dalam menyelenggarakan Bulan Pelatihan Vokasi Nasional dengan Festival Pelatihan Vokasi sebagai acara puncaknya,” jelas Wamenaker.

Sementara itu, Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker Budi Hartawan menjelaskan bahwa untuk program ini melibatkan 78 perusahaan yang membuka lowongan kerja dengan beberapa konsep walking interview.

Jadi, lanjutnya, para peserta yang memenuhi persyaratan dapat berpotensi mendapatkan posisi yang tengah dibutuhkan.

FOTO 29 Okt Kemnkaer mencoba wheel loader dan dump truck dok. indonesia 1024x768 - Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional Sediakan 22.000 Lowongan Kerja
Para pengunjung mencoba Simulator Bulldozer yang tersedia di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Samarinda saat Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional Tahun 2022. (dok. indonesia)

Selain acara Job Fair, Dirjen Budi menambahkan, Kemnaker juga menyajikan beberapa kegiatan yang tidak kalah menarik, seperti Job Counseling, Asesmen Mandiri, seminar dan talkshow.

“Jadi saya mengajak masyarakat untuk berbondong-bondong menghadiri dan mengikuti acara ini,” jelasnya.

Dirjen Budi menegaskan bahwa Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional Tahun 2022 ini terbuka untuk umum dan gratis melalui ekosistem ketenagakerjaan SiapKerja. Adapun untuk info dan pendaftaran bisa diakses melalui website https://fpv.kemnaker.go.id/.

“Festival Pelatihan Vokasi ini merupakan festival pelatihan vokasi terbesar se-Indonesia dan baru pertamakali diadakan. Ini acara keren yang sayang untuk dilewatkan,” ungkap Dirjen Budi. I

Kirim Komentar

Bagikan Artikel