INDONESIA DIKUNJUNGI 754.000 WISMAN SELAMA JANUARI 2023

Sebanyak 754.000 wisatawan mancanegara (wisman) datang berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia selama Januari 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, jumlah tersebut naik dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022.

“Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), ada peningkatan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Januari 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya,” katanya dalam The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (6/3/2023).

Menurut Sandiaga, apabila dibandingkan dengan Januari 2022, untuk angka kunjungan wisman mengalami peningkatan hingga 503,34%.

Adapun kunjungan wisman ini, lanjutnya, didominasi oleh lima Negara, yaitu Malaysia, Australia, Singapura, Timor Leste, dan India.

“Kami akan terus mendorong dengan beberapa kegiatan agar peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ini terus naik dengan beberapa kegiatan,” ujarnya.

Sandiaga menjelaskan, untuk saat ini Indonesia sedang memasuki masa low season, sehingga diperkirakan terjadi penurunan jumlah kunjungan wisman.

Untuk menghadapi penurunan tersebut, dia menyebutkan Kemenparekraf telah melakukan sejumlah kerja sama dengan beberapa maskapai penerbangan untuk menawarkan promo-promo yang menarik.

“Kami juga melakukan program aktivasi melalui famtrip. Lalu ada juga program aktivasi melalui keikutsertaan pameran internasional terbesar,” ungkapnya.

Pameran tersebut seperti SATTE 2023 di India dan ITB Berlin di Jerman yang akan dihadiri Menparekraf Sandiaga dan kegiatan roadshow investasi di Hong Kong, sehingga diharapkan ada lebih banyak mendatangkan wisman di masa low season ini.

Acara ini juga dihadiri oleh pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf secara daring maupun luring. I

Kirim Komentar
Baca Juga:  NTB JADI MODEL PENGEMBANGAN WISATA RAMAH MUSLIM