INDONESIA MANFAATKAN FIFA WORLD CUP QATAR 2022 UNTUK PROMOSI PAREKRAF

Indonesia memanfaatkan perhelatan FIFA World Cup Qatar 2022 sebagai peluang Indonesia untuk melakukan promosi pariwisata dan produk ekonomi kreatif (parekraf).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Indonesia akan memanfaatkan momentum World Cup, yang menarik begitu banyak pengunjung dan penonton dari seluruh dunia ini untuk mempromosikan pariwisata.

“Kami berharap Piala Dunia FIFA akan sukses dan membawa banyak peluang serta potensi kolaborasi dan kerja sama antara kedua negara. Kita bisa ikut andil dalam menyiapkan produk-produk kreatif anak bangsa dan mempromosikannya kepada dunia,” katanya saat kunjungan kerja ke Doha, Qatar, Kamis (1/12/2022).

Bentuk promosi tersebut dalam bentuk mengkampanyekan It’s Time for Bali, Kick-off Your Wonderful Journey in Indonesia, Your Next Ultimate GOAL: Indonesia dan DIVE All The Excitement of Indonesia dilengkapi dengan Bahasa Arab dan latar belakang Bali dan Lima Destinasi Super Prioritas, yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang.

Kampanye ini dilakukan melalui publikasi media luar ruang (Digital Out Of Home/DOOH) di tiga titik strategis berdekatan dengan stadium World Cup di Lusail Gateways, The Torch, Al Amiri Interchange & Bus Advertising dengan total estimasi viewer sebanyak 2,3 juta viewer.

Aktivitas promosi ini diharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat internasional terhadap Indonesia dan memperkuat branding Indonesia sebagai destinasi unggulan dan penghasil produk ekraf berkualitas yang wajib dikunjungi.

Selain monitoring promosi branding “Wonderful Indonesia” pada media luar ruang yang dapat dilihat oleh seluruh wisatawan dunia yang datang ke Qatar dalam rangka FIFA World Cup 2022, Menparekraf juga melakukan business meeting.

Pertemuan itu dilakukan dengan Qatar Airways, Qatar Investment Authority (QIA), Power International Holding (PIH), para travel agent dan tour operator Timur Tengah, serta pertemuan dengan diaspora dan para mahasiswa/pelajar Indonesia di Doha, Qatar.

Baca Juga:  KEMENPAREKRAF-JEJAK.IN LUNCURKAN CARBON FOOTPRINT CALCULATOR DAN OFFSETTING

“Berbagai pertemuan bisnis yang dilakukan di Qatar ini diharapkan dapat mendatangkan minat para investor dan stakeholders terhadap sektor pariwisata dan ekraf Indonesia, serta dapat menjalin kerja sama dengan mitra bisnis pariwisata di Qatar untuk mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja yang ditargetkan sebanyak 1,1 juta tahun ini dan 4,4 juta di tahun 2024,” jelasnya.

Pertemuan bisnis ini dilaksanakan sebagai uoaya mewujudkan resiliensi sektor pariwisata dengan semangat 3G dari Menparekraf, yaitu Gerak Cepat (Gercep), Gerak Bersama (Geber), dan Garap Semua Potensi Online (Gaspol).

Di Qatar, Menparekraf juga akan berdiskusi dengan para diaspora pelaku ekraf, terutama sektor kuliner untuk terus mendorong kuliner Indonesia hadir di mancanegara dan memberi nilai tambah bagi Indonesia.

Sandiaga menyatakan, banyaknya diaspora Indonesia di Qatar tentu dapat membantu tercapainya program Indonesia Spice Up the World.

Indonesia Spice Up the World memiliki target hingga 2024, yaitu hadirnya 4.000 restoran Indonesia di luar negeri dan juga peningkatan nilai ekspor bumbu dan rempah menjadi US$2 miliar,” tuturnya. I

 

Kirim Komentar