JALAN TOL TRANS SUMATRA DIPASTIKAN SIAP DILALUI H-10 LEBARAN

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Jalan Tol Sumatra. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Jalan Tol Trans Sumatra ruas Tol Lampung hingga Palembang dipastikan siap dilalui arus mudik Lebaran pada H-10, menyusul perbaikan sebagian jalan tol tersebut yang mengalami kerusakan.

Kerusakan itu pada ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung di Provinsi Lampung dan sebagian ruas Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung) di Sumatra Selatan, berjalan dengan baik untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, terdapat tiga prioritas pekerjaan yang dilakukan dalam perbaikan ruas Jalan Tol Lampung-Palembang.

“Prioritas pertama perbaikan material jalan yang  disebabkan oleh mutu beton yang mengalami penurunan. Kedua, perbaikan jalan yang mengalami keretakan dan penurunan, karena masih bisa dilalui akan diperbaiki setelah Lebaran untuk menghindari kondisi jalan macet saat arus mudik,” ujarnya saat meninjau jalan tol tersebut, Jumat (15/4/2022).

Prioritas ketiga adalah perbaikan jalan yang ditutup dengan lem beton dan kondisi ini tidak hanya karena bertepatan dengan arus mudik, tapi juga menjadi jalan utama masyarakat, khususnya untuk pergerakan transportasi dan menopang ekonomi.

Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung hingga Kramasan-Palembang sepanjang 376 km sudah beroperasi sejak Maret 2019.

“Pembangunan jalan tol ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antara Lampung dan  Sumatra Selatan,” jelas Menteri Basuki.

Beberapa segmen pada jalan ini sempat mengalami kerusakan dan secara bertahap dilakukan rekondisi dan rekonstruksi di antaranya perbaikan lapisan perkerasan baru, dicor kembali dengan beton fast setting, lapisan perkerasan dihampar menggunakan asphalt finisher, dan dipadatkan, serta lapisan AC-WC baru dihampar dengan asphalt finisher dan dipadatkan.

Kementerian PUPR melalui PT Hutama Karya selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,4 km telah melakukan perbaikan dengan progres 100%.

Untuk ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189,4 km telah dikerjakan perbaikan kerusakan dengan progres 90%, dan akan tuntas seluruhnya H-10.

Selanjutnya, BUJT PT Waskita Sriwijaya Tol menangani ruas Kayu Agung-Palembang-Bentung sepanjang 37,6 km telah melakukan perbaikan beberapa titik di antaranya KM355+950 dan KM349+900.

Menteri Basuki menuturkan, secara keseluruhan ruas tol Bakauheni Lampung hingga Palembang siap untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2022 di Pulau Sumatra.

“Saat ini, secara fungsional dari titik nol sampai KM252 sudah baik, siap untuk digunakan mudik Lebaran. Sisanya masih ada perbaikan hingga H-10 Lebaran,” ungkapnya.

Menteri Basuki juga meninjau kesiapan rest area yang berada di sepanjang ruas Tol Lampung hingga Palembang dan meminta kepada pengelola rest area untuk menambah jumlah toilet sementara 100 toilet, dengan 50 unit untuk pria dan 50 unit untuk perempuan di tiap rest area untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik dan tidak perlu antre. I

 

 


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here