Jambi Situs Warisan Dunia

0
65
Bagikan Artikel

Terletak di Pulau Sumatera, Jambi kaya akan situs yang masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Tidak hanya kekayaan alam, Jambi juga penuh dengan warisan budaya yang masih tetap dipelihara hingga saat ini. Ikon bagi Provinsi Jambi adalah Taman Nasional Kerinci Seblat. Taman nasional terbesar di Pulau Sumatera ini memiliki wilayah sebesar 13,750 km². Taman nasional ini juga merupakan taman nasional terbesar kedua se-Asia Tenggara setelah Taman Nasional Lorentz di Papua.
Berbagai flora dan fauna mempunyai habitat di Taman Nasional Kerinci Seblat ini. Salah satunya yaitu bunga terbesar di dunia, Rafflesia arnoldi dan bunga tertinggi di dunia, Amorphophallus titanium. Harimau Sumatra, badak Sumatra, gajah Sumatra juga dapat ditemukan dalam taman nasional ini.


Taman Nasional Kerinci Seblat juga terkenal akan Gunung Kerinci. Gunung yang merupakan gunung volcano aktif tertinggi di Asia Tenggara ini merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan. Situs warisan budaya lain yang terdapat di Jambi adalah Candi Muaro Jambi. Komplek candi ini merupakan komplek percandian Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara.Candi ini diperkirakan berasal dari abad ke 7 hingga 13 M dan merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya atau Kerajaan Melayu.
Selain situs warisan budaya, Jambi juga terkenal dengan berbagai objek wisata lainnya seperti Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy. Objek ini merupakan ikon bagi Kota Jambi. Dengan panjang 540 m, jembatan ini mempunyai bentuk unik yang berkelok seperti huruf “s”.


Tidak hanya melihat pemandangan Kota Jambi dan Sungai Batanghari, tempat wisata yang kerap disebut Jembatan Gentala Arasy juga merupakan tempat untuk mempelajari sejarah Jambi dan Islam. Sehingga sambal berjalan-jalan, wisatawan dapat mengenal lebih lanjut mengenai Jambi. (ND)


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here