Sebagai upaya meningkatkan komitmen implementasi tata nilai AKHLAK, PT Jasa Marga Tbk. menggelar Town Hall Meeting AKHLAK for Leaders Episode 4 dengan tema SumpahJagaAKHLAK di Ruang Kolaboratif, Kantor Pusat Jasa Marga, pada Rabu (7/12/2022).
Hadir dalam acara tersebut jajaran Direksi Jasa Marga di antaranya Direktur Utama Subakti Syukur, Direktur Operasi Fitri Wiyanti, Direktur Pengembangan Usaha M. Agus Setiawan, dan Direktur Human Capital dan Transformasi Bagus Cahya A.B., serta Corporate Secretary, jajaran Senior Group Head, Group Head, dan Direksi Anak Perusahaan Jasa Marga Group.
Acara ini juga ditayangkan secara online melalui Zoom dan Youtube yang dihadiri oleh lebih dari 300 Roadster Jasa Marga (panggilan untuk karyawan Jasa Marga).
Pada acara Town Hall Meeting Episode 4, Jasa Marga menghadirkan narasumber yang kompeten, yakni Deputi Bidang Sumber Daya Manusia BUMN, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata.
Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur dalam welcome speech mengatakan, forum diskusi ini membuktikan jika Jasa Marga selalu menerapkan nilai-nilai AKHLAK dalam setiap tugas dan kegiatan di lingkungan Jasa Marga Group.
“Jasa Marga terus berkomitmen melakukan internalisasi dan upaya akselerasi dalam menambah komitmen implementasi tata nilai AKHLAK sebagai pilar pembangunan karakter, sehingga dapat melahirkan talenta-talenta terbaik dan sikap kerja yang mendukung kemajuan perusahaan,” jelasnya.
Subakti menambahkan, AKHLAK telah menjadi identitas Jasa Marga sebagai pedoman tingkah laku, sekaligus budaya kerja para karyawan sejak pertama kali diperkenalkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir tahun 2020.
“AKHLAK ini menjadi nilai yang diterapkan secara menyeluruh di Jasa Marga yang dimulai dari pimpinan. Ini harus dapat terjamin dalam sikap yang ditunjukkan oleh masing-masing Roadster maupun aktivitas kerja sehari-hari,” ungkapnya.
Sementara itu, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia BUMN, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata menilai, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi setiap perusahaan, khususnya Perusahaan BUMN yang menerapkan tata nilai AKHLAK untuk setiap karyawannya.
Menurutnya, penerapan AKHLAK sangat berimbas positif pada kinerja setiap karyawan. “Dengan kinerja karyawan yang positif dan semakin produktif tersebut, tentu saja akan berdampak kepada kinerja positif perusahaan. Inilah esensi utama yang sedang kami upayakan.”
Lebih lanjut, Tedi mengatakan, hal ini merupakan implementasi dari strategi SDM Kementerian BUMN, sekaligus bentuk transformasi yang tengah dijalankan dan sudah disepakati secara bersama-sama.
“Bagaimana menjaga AKHLAK, yang nantinya diturunkan ke berbagai macam aspek, sehingga bisa mendukung bisnis perusahaan masing-masing,” tegasnya.
Townhall Meeting AKHLAK for Leaders merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Jasa Marga dengan mengundang berbagai narasumber yang memiliki kapabilitas dalam meningkatkan komitmen implementasi AKHLAK di lingkungan Jasa Marga Group.
Selain itu, Jasa Marga juga terus melakukan langkah-langkah strategis guna memperkuat tata nilai, melalui Roadmap Transformasi AKHLAK, program podcast AKHLAK for Impactful Change (AIC), hingga yang terakhir dilaksanakan, yaitu penguatan Respectful Workplace Policy (RWP) dan Roadster Assertiveness Counseling Program (Rosela) untuk menjaga lingkungan Jasa Marga Group dari tindak kekerasan, intimidasi, maupun pelecehan. I