Kampanye Keselamatan Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Digelar Ditjen Hubdat

Dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran pada Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (TSDP), Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menggelar kegiatan Kampanye Keselamatan Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan di kawasan wisata Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat pada Jumat (21/6/2024).

“Keselamatan merupakan tanggung jawab kita bersama. Sesuai amanah Undang-Undang Dasar pemerintah wajib hadir memberikan perlindungan dan keselamatan pada seluruh lapisan masyarakat. Dalam hal ini, Ditjen Hubdat turut serta bertanggung jawab pada aspek keselamatan transportasi di objek wisata Waduk Jatiluhur,” ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Risyapudin Nursin dalam sambutannya.

Dia menambahkan, untuk mewujudkan keselamatan pelayaran khususnya di Waduk Jatiluhur, terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian di antaranya nakhoda yang harus dalam kondisi sehat dan tersertifikasi.

Kemudian, nakhoda juga wajib mengutamakan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait dengan prakiraan cuaca.

“Yang berikutnya adalah wajib memperhatikan kondisi kapal agar saat berlayar kapal memenuhi standar keselamatan serta wajib memberikan fasilitas yang baik bagi penumpang. Jumlah penumpang di kapal harus disesuaikan dengan jumlah life jacket,” jelasnya.

Pada kegiatan kampanye ini, Ditjen Hubdat juga memberikan bantuan teknis alat keselamatan berupa life jacket kepada para pemilik kapal dan memberikan Pas Sungai Danau kepada operator kapal.

“Bentuk wujud pemerintah hadir selain dari memberikan sosialisasi dan edukasi juga yaitu melalui pemberian bantuan teknis alat keselamatan serta adanya pengawasan dan pembinaan,” ungkapnya.

Sejalan dengan itu, Kasubdit Pengawasan Operasional Sungai, Danau dan Penyeberangan Capt Bintang Novi menegaskan, pihaknya berharap dengan kegiatan kampanye dan bantuan, khususnya di Waduk Jatiluhur semua pihak dapat bersama-sama lebih memahami aspek keselamatan pelayaran dan bisa menerapkannya di lapangan.

Baca Juga:  ADA 31 KELURAHAN DI KOTA BEKASI LAKUKAN DEKLARASI ODF

“Pada kegiatan ini seluruh peserta akan diberikan materi mengenai Transportasi SDP yang berkeselamatan dan Pengukuran dan Tanda Kebangsaan Kapal Sungai dan Danau, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan penerapannya,” katanya.

Adapun pesertanya adalah sebanyak 150 orang, yang merupakan para pelaku jasa angkutan sungai dan danau di kawasan wisata Waduk Jatiluhur.

Turut hadir pada kegiatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Agung Darwin Suriaatmadja, Kepala BPTD kelas II Jawa Barat Muhammad Fahmi, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Direktur Operasi PT BKI Benny Susanto Koswara, Penjabat Keuangan PT Jasa Raharja Rully Tri Shandy, Direktur Utama Perwakilan Unit Kerja di lingkungan Ditjen Perhubungan Darat, serta Paguyuban Nakhoda Kapal. I

 

Kirim Komentar