KEMENHUB PERINGATI HARHUBNAS DENGAN GELAR VAKSINASI 48.000 DOSIS DI SOLO DAN YOGYAKARTA

Vaksinasi Massal memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021 di Solo dan Yogyakarta. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkolaborasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, yakni dari unsur TNI, Polri, DPR, Pemerintah Daerah, BUMN, dan Keluarga Universitas Gajah Mada (Kagama) menggelar Vaksinasi Massal di Solo Raya dan Yogyakarta pada Jumat (17/9/2021).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau langsung pelaksanaan Vaksinasi Massal “Bakti Untuk Negeri” memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021 di Solo Raya dengan jumlah dosis vaksin 25.000 dan Yogyakarta sebanyak 23.000 dosis vaksin.

“Di Hari Perhubungan Nasional ini, kita ingin berbuat sesuatu yang berarti bagi masyarakat. Untuk mengajak masyarakat untuk terus bergerak mengharmonikan Indonesia, dengan mendukung program vaksinasi guna mencapai kekebalan komunal (herd immunity),” ujarnya.

Menhub menjelaskan, sebagaimana arahan Presiden bahwa setiap kementerian/lembaga agar mendukung program percepatan vaksinasi nasional. “Presiden selalu bilang lakukan upaya vaksinasi secepat mungkin dengan segala upaya.”

Pada program vaksinasi massal di Solo Raya dan Yogjakarta, dialokasikan vaksin sekitar 48.000 dosis vaksin.

Untuk Solo Raya disediakan sekitar 25.000 dosis di tujuh titik dan juga Terminal Tirtonadi.

Di Yogyakarta disediakan sekitar 23.000 dosis. Jadi total ada sekitar 48.000 dosis vaksin yang diberikan pada masyarakat.

Adapun ke tujuh titik sentra vaksinasi di Solo Raya berlangsung di Kota Surakarta (2.431 dosis) dan Kabupaten Sukoharjo (1.716 dosis).

Untuk vaksin di Kabupaten Klaten (4.862 dosis), Kabupaten Sragen (3.575 dosis), Kabupaten Wonogiri (4.862 dosis), Kabupaten Karanganyar (3.003 dosis), dan Kabupaten Boyolali (3.575 dosis).

Selain itu, 900 dosis juga diberikan untuk program vaksinasi yang berada di Terminal Tirtonadi.

Sementara itu, di Yogyakarta terdapat total 23.825 dosis yang berlangsung di sejumlah titik, yaitu di Grha Sabha Pramana Universitas Gajah Mada/UGM (2.000 dosis), Kabupaten Sleman (7.300 dosis), Kabupaten Kulon Progo (4.200 dosis), dan Kabupaten Bantul (5.325 dosis).

Penerima vaksin berasal dari pelajar/mahasiswa, pekerja sektor transportasi, pedagang, lansia, penyandang disabilitas, dan masyarakat umum.

Menhub menyebutkan, pelaksanaan program vaksin di Solo Raya dan Yogjakarta ini merupakan wujud komitmen Kemenhub untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19.

Menhub juga berharap agar seluruh stakeholder, baik kementerian atau lembaga, TNI, Polri, BUMN, pemerintah daerah, serta masyarakat turut bahu membahu untuk dapat mempercepat proses penanganan Covid-19 melalui vaksinasi ini. I

 

Kirim Komentar

Bagikan Artikel