Kemenpar Promosikan Wisata Greater Jakarta lewat Wonderful Indonesia Journey

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mempromosikan potensi wisata Indonesia bagi penyedia bisnis asal Malaysia lewat perjalanan wisata pengenalan (Familiarization Trip/Fam Trip) bertajuk Wonderful Indonesia Journey.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenpar Ni Made Ayu Marthini mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan pada 24 – 28 Juni 2025 yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan asal Malaysia ke Indonesia.

Fam trip ini, lanjutnya, merupakan hasil kolaborasi antara beberapa pihak di antaranya DPD ASITA (Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies) Jawa Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, KAI Wisata, dan PIK Tourism Board.

Menurut Made Ayu, Kemenpar terus menggandeng para mitra dan stakeholder terkait, untuk mempromosikan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas dan tiga Kawasan Wisata Regeneratif kepada negara fokus pasar.

“Hal ini diharapkan dapat mendorong minat wisatawan asal Malaysia untuk mengeksplor destinasi wisata di Indonesia dan menambah periode tinggal mereka di Indonesia,” ujarnya.

Made Ayu menjelaskan, pihaknya telah menerapkan berbagai program pemasaran untuk menarik minat wisatawan Malaysia berkunjung ke Indonesia.

Pada tahun 2024, Kemenpar berpartisipasi dalam pameran pariwisata internasional MATTA Fair di Kuala Lumpur pada 6-8 September 2024, direct selling bertajuk Batam Bintan Welcome You (BBWY) di Johor Bahru pada 24 – 30 Oktober 2024, Gebyar Nusantara pada 30 November – 2 Desember 2024 yang merupakan B2C activity bekerja sama dengan KBRI Kuala Lumpur, hingga Misi Penjualan di Kuching pada 3 Desember 2024.

Made Ayu menuturkan bahwa wisatawan dari Malaysia merupakan kontributor terbesar kunjungan wisman ke Indonesia dan pada tahun 2024, lebih dari 2,27 juta wisatawan Malaysia berkunjung ke Indonesia.

“Ketertarikan mereka mengunjungi Indonesia berdasarkan kedekatan jarak, budaya dan faktor affordable luxury,” jelasnya.

Baca Juga:  Malaysia dan Indonesia Tingkatkan Layanan serta Kemitraan Navigasi Penerbangan Pascaperjanjian FIR

Asisten Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Dedi Ahmad Kurnia menambahkan, para peserta Fam Trip akan diperkenalkan kepada destinasi wisata di Jakarta dan Bandung, serta merasakan sensasi berwisata dengan Kereta Wisata dari KAI Wisata.

“Selain itu, para peserta juga akan diperkenalkan pada aspek unique interests produk pariwisata Indonesia, seperti gastronomi,” ujarnya.

Peserta yang merupakan perwakilan Travel Agent/Tour Operator (TA/TO) diharapkan akan menuangkan pengalaman mereka mengikuti fam trip dalam paket wisata bagi wisatawan mancanegara dari Malaysia, sehingga semakin banyak yang berkunjung dan berwisata di Indonesia. I

Kirim Komentar