KEMENPAREKRAF DORONG ASEAN PLUS THREE PERKUAT KERJA SAMA BIDANG PARIWISATA

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memimpin The 22nd APT Minister’s Meeting dalam ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 yang digelar di Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang sudah terjalin di antara negara-negara dalam ASEAN Plus Three dan berharap momentum ATF kali ini makin memperkuat kolaborasi dalam mengembangkan sektor pariwisata.

ASEAN Plus Three merupakan sebuah bentuk kerja sama ekonomi yang diikuti oleh seluruh negara anggota ASEAN bersama dengan tiga negara di kawasan Asia Timur Laut, yaitu Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok.

“Merupakan satu kehormatan besar menyambut anda semua dalam kesempatan ini. Saya ingin menyampaikan rasa antusias akan kerja sama ASEAN dengan tiga negara, melihat peluang pertumbuhan yang tinggi pascapandemi,” katanya di Marriot Hotel Yogyakarta, Sabtu (4/2/2023).

Sandiaga menjelaskan, untuk memahami kondisi terkini perlu mengingat betapa besarnya dampak pandemi terhadap sektor pariwisata, sehingga penting bagi seluruh pihak untuk maju bersama sekaligus hati-hati.

“Kita dapat melihat momentum pemulihan saat ini, tapi untuk kawasan Asia Pasifik kita belum mencapai performa pariwisata, seperti yang dicapai di tahun 2019,” jelasnya.

Merujuk data United Nations World Tourism Organization (UNWTO) terbaru, tahun 2021 menjadi masa-masa di mana perjalanan wisatawan internasional anjlok 93%. Namun, dengan kerja keras bersama, tahun 2022 jumlahnya dapat dipangkas hingga tinggal 77%.

“Ini tentu belum cukup, kita harus mempercepat langkah. Bukan berjalan kaki, tapi adalah marathon yang sangat panjang,” tuturnya.

Pertemuan ini, kata Sandiaga, harus menjadi momentum bagi negara-negara dalam ASEAN Plus Three untuk memperkuat kolaborasi dan terus bekerja sama.

Menekankan konsensus kolaboratif untuk bergerak maju dalam rencana kerja sama pariwisata ASEAN Plus Three tahun 2021-2025.

Baca Juga:  USAI REVITALISASI BESAR-BESARAN, TMII HADIR DENGAN KONSEP 4 PILAR

“Saya ingin mendengar lebih banyak tentang intervensi dan komentar dari semua negara anggota. Kami menjunjung tinggi gagasan kolaboraksi di mana kita semua bekerja sama dengan tindakan kolektif dan terukur mewujudkan ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia,” tutur Sandiaga. I

 

Kirim Komentar