Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong pelaku usaha parekraf di Jawa Barat (Jabar) menjadi perusahaan go public dengan skema Initial Public Offering (IPO) melalui program KreatIPO yang digelar di Bandung.
KreatIPO merupakan program bersama Kemenparekraf dan Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan format coaching clinic yang menghadirkan 49 pelaku usaha parekraf dari Provinsi Jawa Barat dan sekitarnya.
Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, program KreatIPO bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pelaku usaha parekraf mengenai kondisi usahanya saat ini dan membekali persiapan untuk menjadi perusahaan go public.
“Pasar modal merupakan salah satu alternatif sumber pendanaan agar pelaku usaha dapat naik kelas, sehingga semakin berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja dan PDB Nasional,” katanya.
Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf Anggara Hayun Anujuprana, menjelaskan, data tahun 2023 menunjukkan emiten yang berasal dari sektor parekraf berjumlah 22 emiten dengan total fund raised mencapai Rp4,78 triliun.
“Peluang dan potensi tersebut masih diikuti di tahun 2024, dengan terdapat 10 perusahaan parekraf yang berhasil listing di Bursa Efek Indonesia dengan total fund raised Rp1,038 triliun,” ujarnya.
Harun menjelaskan, hal ini menunjukkan perusahaan dari sektor parekraf sudah mulai dipercaya sebagai salah satu portofolio investasi yang menarik di pasar modal.
KreatIPO menghadirkan narasumber yang pakar di bidangnya di antaranya Kepala Unit Pengembangan Startup dan SME Bursa Efek Indonesia Dinnoor Aisyah, Associate Director of Investment Banking PT Indo Premier Sekuritas Sri Banowo, Head of IB Capital Market BRI Danareksa Sekuritas Edwin Sukri, dan Director of Investment Banking Sucor Sekuritas Achdiarini Siwiwardhani.
Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) menyambut baik program KreatIPO yang kembali diadakan tahun ini.
Kepala Bidang Industri Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Rispiaga menekankan pentingnya acara ini bagi perkembangan ekonomi kreatif dan pariwisata di wilayah Jawa Barat.
Acara KreatIPO selalu dinantikan oleh kami karena memberikan dampak positif yang signifikan.
Program ini menjadi jembatan antara pelaku parekraf dengan investor dari Bursa Efek Indonesia (IDX), membantu mengatasi masalah permodalan yang sering dihadapi.
“Melalui KreatIPO, para pelaku usaha bisa mengembangkan bisnis mereka dan merambah pasar global,” ungkap Raspiaga. I