Wisata air di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong pengembangan potensi wisata sungai yang ada di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Menurut Menparekraf/Kepala Baparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Banjarmasin yang dijuluki “Kota Seribu Sungai” memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan wisata sungai dengan konsep waterfront.

“Contohnya di Istanbul, Turki dan juga Bangkok, Thailand. Banjarmasin dengan julukan Kota Seribu Sungai harus kita gunakan sebagai beranda kita,” ujarnya saat berolahraga pagi di tepian Sungai Martapura, Kamis (2/9/2021).

Sandiaga menyatakan, dalam upaya pengembangan potensi wisata sungai di Banjarmasin, pihaknya memberikan dukungan terhadap program Martapura Bungas.

Program yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan ini merupakan program revitalisasi dan meningkatkan kualitas air sungai dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021.

“Ini kita dukung, karena tidak terlalu banyak kota di Indonesia yang mempromosikan sungai sebagai daya tarik utamanya. Jadi untuk wisata sungai ini yang akan kita kedepankan,” tuturnya.

Sandiaga menjelaskan, dari segi atraksi, Banjarmasin memiliki pasar terapung yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi, lanjutnya, akan mendorong pola perjalanan menggunakan perahu di sepanjang Sungai Martapura dan Sungai Barito yang melintasi Banjarmasin.

“Saya nanti mendorong travel pattern di Banjarmasin menggunakan perahu-perahu agar memberikan kenangan dan pengalaman yang membekas bagi wisatawan karena itulah pariwisata masa depan,” jelasnya.

Menparekraf juga mengimbau agar masyarakat Banjarmasin tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin serta melakukan vaksinasi di sentra-sentra vaksinasi yang sudah ada.

“Kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif ini harus sejalan dengan pemulihan kesehatan karena yang utama adalah kita tekan penularan COVID-19 dan peningkatan vaksinasi,” katanya.

Dalam kegiatan ini Sandiaga didampingi oleh Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, Wakil Wali Kota Banjarmasin Ariffin Noor, Ketua DPRD Kalimantan Selatan Sufian HK, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Syariffudin, serta Kepala Dinas Lingkungan Provinsi Kalimantan Selatan Hanifah Dwi Nirwana. I

 


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here