KEMENPAREKRAF GELAR FAM TRIP INFLUENCER INDIA UNTUK TINGKATKAN KUNJUNGAN WISMAN

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar Familiarization Trip (FAM Trip) bagi influencer asal India sebagai upaya untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) khususnya bagi pasar negara itu ke Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, India menjadi salah satu penyumbang wisman ke Indonesia dan selama ini wisatawan asal India menyukai Bali sebagai destinasi pernikahan mereka.

“Umumnya para pelaku industri Wedding Organizer di India menilai Bali sangat cocok untuk wisman India, karena memiliki kecenderungan seni dan budaya yang mirip,” ujarnya dalam pernyataannya di Jakarta, Minggu (24/6/2023).

Menurut Sandiaga, kegiatan ini merupakan kolaborasi Kemenparekraf/Baparekraf dengan maskapai Singapore Airlines dan Garuda Indonesia yang akan fokus mempromosikan Lima Destinasi Super Prioritas (DSP).

“Dengan berbagai langkah strategis yang dijalankan bersama para mitra untuk mempromosikan Indonesia, diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan membuka peluang usaha seluas-luasnya,” ujarnya.

Upaya ini juga sebagai tindak lanjut keikutsertaan Indonesia pada pameran pariwisata internasional South Asia’s Travel & Tourism Exchange (SATTE) 2023 di New Delhi pada Februari 2023.

Saat itu, Kemenparekraf/Baparekraf membawa serta pelaku industri dari Labuan Bajo yang menawarkan paket-paket wisata kepada publik di Indonesia dan pada FAM Trip kolaborasi ini juga akan diperkenalkan Labuan Bajo sebagai destinasi kelas dunia kepada para influencer India yang turut serta.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Made Ayu Marthini menuturkan, FAM Trip dilaksanakan pada 24-29 Juni 2023 di Labuan Bajo.

Peserta yang berpartisipasi terdiri dari tiga travel influencer dari India, yaitu Anupriya (IG @anupriyakapur), Rashmi Chadha (IG @rashmichadha) dan Mahi Sharma (IG @maahieway).

Baca Juga:  DESWIN JADI GM BARU PAVILLIUN ISTANA BUNG HATTA

Menurut dia, Bali sudah menjadi top of mind bagi wisatawan India jika berwisata ke Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut Ni Made, Kemenparekraf ingin memperkenalkan destinasi lain yang tak kalah menarik kepada mereka, yaitu Labuan Bajo yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Melalui FAM Trip ini, Kemenparekraf ingin menyampaikan pesan agar wisman, khususnya dari India dapat menambahkan destinasi Labuan Bajo dalam perjalanan wisata mereka ke Indonesia.

“Sangat mudah menuju ke sana, bisa melalui Jakarta langsung menuju ke Labuan Bajo dengan menempuh dua jam penerbangan, bahkan tidak sampai satu jam menggunakan pesawat dari Bali,” ujar Made.

Adapun segmentasi dari wisatawan India yang banyak ke Indonesia meliputi pasangan, keluarga, milenial, dan gen Z yang dirasa cocok dengan destinasi Labuan Bajo dengan pilihan tempat eksotik, aktivitas yang beragam dan berbagai jenis akomodasi dari mulai homestay sampai dengan resort mewah.

Ni Made menambahkan pelaksanaan FAM Trip kali ini didukung oleh berbagai pihak, yaitu Plataran Komodo Resort & Spa, Sea Safari Cruise, Meruorah Labuan Bajo, Grand Komodo Tours, dan Anara Airport Hotel Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Peserta FAM Trip tiba di Indonesia pada 24 Juni 2023 dan bermalam di Anara Airport Hotel Terminal 3 untuk melanjutkan penerbangan ke Labuan Bajo keesokan harinya.

Area menunggu yang amat luas dan beragam, fasilitas yang lengkap, serta ketersediaan hotel bintang empat, yaitu Anara Airport Hotel, diharapkan akan membawa pesan bahwa Terminal 3 adalah bandara yang nyaman untuk transit.

Di Labuan Bajo, peserta akan mengunjungi kawasan Taman Nasional Komodo dengan pengalaman live on board di atas Kapal Phinisi Sea Safari VII milik Sea Safari Cruise. I

Baca Juga:  KEMENPAREKRAF PERKUAT SUBSEKTOR FOTOGRAFI, KRIYA DAN KULINER

 

Kirim Komentar

Komentar ditutup.