KEMENPAREKRAF LUNCURKAN BEKUP 2023 PERKUAT LAHIRNYA STARTUP DIGITAL BERKUALITAS

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) meluncurkan program Baparekraf for Startup (BEKUP) 2023 untuk meningkatkan jumlah startup digital berkualitas, sehingga mampu memperkuat kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), pihaknya berkomitmen membangun ekosistem startup digital yang lebih baik, sehingga akan memunculkan startup-startup digital yang berkualitas.

“BEKUP menjadi ruang bagi pelaku startup digital untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis startup,” katanya dalam Kick-off BEKUP 2023, Kamis (2/3/2023).

Menurut Sandiaga, BEKUP membuka kesempatan bagi pelaku startup yang memiliki rencana untuk membangun bisnis jangka panjang berbasis produk digital yang inovatif.

“BEKUP sebagai program inkubasi yang berkelanjutan membuka kesempatan bagi para founders startup agar dapat memanfaatkan potensi ekonomi digital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujarnya.

Menparekraf menjelaskan, di BEKUP 2023 para peserta berkesempatan mengikuti bootcamp dengan mentor-mentor dari profesional dan pendampingan untuk membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh founder startup dan berpartisipasi dalam demo day.

“BEKUP memberikan kesempatan bagi para pendiri startup untuk mendapatkan dukungan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan founder startup. Fasilitasi ini diperlukan sehingga dapat mengatasi berbagai tantangan yang mungkin mereka hadapi,” tuturnya.

Sandiaga berharap melalui program ini para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya startup dapat mengambil peran dalam penciptaan solusi inovatif dan modern untuk menghadapi setiap tantangan yang ada.

“Pada BEKUP 2023, kami menargetkan akan ada 24 startup yang bisa mengikuti inkubasi selama tiga bulan dengan materi pelatihan yang komprehensif. Setelah mengikuti pelatihan BEKUP kami harap akan ada dampak langsung bagi startup maupun masyarakat luas,” jelasnya.

Baca Juga:  PEMKOT SERANG BISA JADI PEMEGANG SAHAM BANK BANTEN

Menurut Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam, pemerintah bersama dengan stakeholders berusaha menciptakan ekosistem startup digital yang mendukung tumbuhnya startup digital Indonesia.

Penciptaan ekosistem startup digital dengan taraf global, lanjutnya, akan memacu startup Indonesia untuk semakin kompetitif di Indonesia sehingga dapat bersaing di tingkat global.

“Pada program ini kami akan memberikan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang teruji dan didukung oleh para mentor dan expert berpengalaman di industri startup Indonesia,” ungkap Neil.

Sejak tahun 2020, katanya, BEKUP telah memfasilitasi 300 startup dengan berbagai tingkatan dan mereka berhasil meningkatkan average survival rate startup menjadi 58% lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata startup yang hanya 10% bisa bertahan lebih dari tiga tahun. I

Kirim Komentar