KEMENPAREKRAF-NETFLIX KOLABORASI PERKUAT PROMOSI PARIWISATA DAN PENGEMBANGAN FILM TANAH AIR

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan Netflix dalam upaya mempromosikan pariwisata melalui konten dan mengembangkan film di Indonesia.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf yang juga Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani dengan Direktur Kebijakan Publik Asia Tenggara Netflix Ruben Hattari.

Penandatanganan tersebut juga disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dan Wakil Presiden Kebijakan Publik Global Netflix Dean Garfield di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Selasa (6/9/2022).

Kerja sama ini mencakup pembuatan ragam konten yang mengangkat potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Mulai dari destinasi pariwisata, kuliner, produk ekonomi kreatif dari berbagai wilayah di Indonesia, serta cerita-cerita lokal yang autentik yang akan membuka jendela dunia untuk Indonesia.

Sandiaga mengapresiasi terjalinnya kerja sama tersebut dan berharap kerja sama ini tidak hanya mempromosikan pariwisata Indonesia dalam semangat kolaborasi tapi juga mengangkat sektor ekonomi kreatif khususnya subsektor film.

Sebab, lanjutnya, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif berpotensi mendorong target penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024.

“Saya berharap kerja sama ini juga akan jadi satu momentum kita untuk mempercepat pemulihan dan kebangkitan yang lebih kuat,” ujarnya.

Dalam kerja sama ini Netflix secara resmi merilis video promosi untuk kampanye Wonderful Indonesia.

Video promosi tersebut berisi kompilasi klip dari berbagai konten orisinal Netflix yang menayangkan pemandangan destinasi pariwisata, kuliner, dan produk ekonomi kreatif dari berbagai wilayah di Indonesia.

Baca Juga:  KEMENPAREKRAF PASTIKAN PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI DESTINASI WISATA

Pada tahun mendatang, kampanye Wonderful Indonesia ini juga akan dilanjutkan dengan kegiatan aktivasi dan konten daring lainnya guna mendorong minat internasional dan domestik untuk kembali berkunjung ke Indonesia.

Kerja sama ini juga diluncurkan tepat setelah pengumuman terbaru dari Netflix terkait dengan sederet film dan serial Indonesia yang akan datang di Netflix, yang diharapkan dapat meningkatkan industri kreatif lebih baik lagi.

Sejumlah tayangan terbaru tersebut adalah film aksi komedi pertama Timo Tjahjanto, The Big 4, yakni serial drama Gadis Kretek dari produser Shanty Harmayn dan sutradara Kamila Andini, serta Ifa Isfansyah.

Selain itu, serial sci-fi thriller berjudul Nightmares and Daydreams dari sutradara Joko Anwar, film coming-of-age berjudul Dear David dari sutradara Lucky Kuswandi, komedi situasi unik Klub Kecanduan Mantan karya Salman Aristo, film berjudul Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti dari sutradara Angga Dwimas Sasongko, dan serial Komedi Kacau dari penulis-sutradara Raditya Dika, serta sebuah proyek seru dari penulis-sutradara Ernest Prakasa.

Sandiaga berharap ke depan ada lebih banyak cerita-cerita lokal yang diangkat, sehingga akan secara efektif mengangkat pariwisata Indonesia.

Kekuatan film sebagai sarana promosi pariwisata tanah air terbukti efektif, seperti film Laskar Pelangi yang mengangkat citra pariwisata Belitung, Film Eat, Pray, Love yang mengangkat citra pariwisata Bali, dan masih banyak lagi lainnya.

“Kita harapkan akan lebih banyak lagi nanti yang bisa kita kolaborasikan baik kebijakan yang akan mendorong kesempatan konten Indonesia lebih mampu untuk ditampilkan di Netflix yang menjangkau 220 juta members di 190 negara,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Kebijakan Publik Global Netflix Dean Garfield menjelaskan, pihaknya optimistis kolaborasi dengan Kemenparekraf akan membawa banyak manfaat dan ia berharap bisa menghadirkan lebih banyak lagi cerita orisinal Indonesia kepada penonton internasional.

Baca Juga:  Kemenparekraf Dorong Pulau Penyengat Sebagai Pusat Studi Budaya Melayu Islam Sedunia

“Indonesia memang luar biasa. Jadi, kita tahu bahwa beberapa storytellers terbaik dunia ada di Indonesia. Kita tahu beberapa tempat terindah di dunia ada di Indonesia,” jelasnya.

Jadi, lanjut Dean, ini adalah kesempatan untuk menampilkan keduanya dan juga merupakan kesempatan bagi kami untuk membangun beberapa kemitraan yang dimiliki di sini.

Netflix, dia menambahkan, sebelumnya juga telah banyak berkolaborasi dengan stakeholders perfilman tanah air, seperti menghadirkan workshop tentang pengembangan cerita pada pekan lalu.

“Ada tujuh cerita baru yang akan kami filmkan dan diproduksi di sini dan ini kesempatan untuk memperkuat komitmen kami dan momen untuk menunjukkan betapa indahnya Asia. Bagaimana Netflix dapat mendukung industri kreatif Indonesia untuk berkembang secara global,” tutur Dean, I

Kirim Komentar

Komentar ditutup.