Usaha kecil dan menengah agrobisnis. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berupaya meningkatkan kolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), upaya itu dimaksudkan untuk mempermudah akses permodalan bagi pelaku ekonomi kreatif (ekraf), khususnya di Cimahi, Jawa Barat.

Dia menuturkan, PNM sebagai Badan usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang permodalan usaha dapat mempermudah akses permodalan bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kita ingin tingkatkan kerja sama dengan PNM, mungkin dalam kapasitas MoU dan perjanjian kerja sama untuk memberi akses kepada 34 juta pelaku parekraf yang butuh sentuhan bantuan permodalan dari PNM,” ujarnya saat kunjungannya ke kantor PNM Cimahi, Jumat (10/9/2021).

Ada beberapa program milik Kemenparekraf/Baparekraf yang dapat dikolaborasikan dengan PNM, di antaranya Kelas Keuangan, Temu Bisnis, dan pengembangan desa wisata.

“Mudah-mudahan ini semua menjadi momentum keberkahan dan semoga menjadi energi positif untuk kita semakin optimistis, bangkit dan memajukan perekonomian Indonesia,” katanya.

Selain itu, Sandiaga juga mendorong agar para pelaku ekonomi kreatif dari kalangan perempuan dan ibu-ibu untuk bergabung dengan PNM yang memiliki program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar). Diketahui, ada 10,8 juta pengusaha perempuan yang telah bergabung dengan program PNM Mekaar.

“Pengusaha mikro perempuan ini akan diberi dukungan tambahan dan spesifik dalam menjalankan keberlangsungan bisnisnya,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis PT PNM Kindaris menjelaskan, pihaknya siap berkolaborasi dengan Kemenparekraf untuk mengembangkan UMKM di Cimahi dan Indonesia.

“Mudah-mudahan kita bisa terus berkolaborasi dan mohon dukungannya Pak Menteri,” kata Kindaris.

Menanggapi hal tersebut, Plt Walikota Cimahi Ngatiyana menyampaikan rasa terima kasihnya atas komitmen yang disampaikan Menparekraf Sandiaga dan Direktur Bisnis PNM Kindaris.

“Ini bentuk perhatian dari pemerintah pusat yang mana Pak Menteri memperhatikan usaha kecil dan menengah di Kota Cimahi,” ungkap Ngatiyana.

Turut hadir pula dalam acara ini, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Hariyanto, Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Brigjen TNI Ario Prawiseso, dan Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Ahmad Rekotomo. I


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here