Kemnaker Tingkatkan Kualitas dan Daya Saing SDM

Dirjen Binalattas Kemnaker Budi Hartawan menandatangani prasasti pada Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) mekanik alat berat di Samarinda, Senin (12/4/2021). (Foto: Kemnaker)
Bagikan Artikel

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melalui Balai Latihan Kerja (BLK) terus berinovasi menyelenggaraan pelatihan sesuai kompetensi dan kebutuhan dunia industri.

Salah satunya dengan memberikan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) mekanik alat berat untuk meningkatkan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Dirjen Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker Budi Hartawan, PBK mekanik alat berat diselenggarakan untuk melayani para pencari kerja atau para pekerja yang ingin memiliki kompetensi di bidang mekanik alat berat.

“Pelatihan harus didukung dengan sarana prasana yang baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa,” ujarnya saat membuka pelatihan teknisi mekanik alat berat dan PBK Angkatan IV Tahun 2021 BLK Samarinda dan Peresmian Workshop dan Peralatan Baru BLK Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (12/4/2021).

Budi berharap alumni pelatihan BLK Samarinda tidak hanya kompeten, melainkan juga memiliki daya saing dan kesiapan untuk bekerja. “Strategi ke depan dalam penyelenggaraan pelatihan adalah memperluas penempatan alumni BLK sesuai kebutuhan dan persyaratan pasar kerja.

Dia menilai, diperlukan peran pemerintah pusat dan daerah, dunia industri, dan lembaga pelatihan untuk terus bersinergi agar kompetensi calon tenaga kerja yang telah dilatih selaras dengan kebutuhan pasar kerja dan dapat menjadi solusi pengangguran di Indonesia. I


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here