Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi menegaskan komitmen Indonesia untuk terus berperan aktif dalam mewujudkan sektor maritim global yang aman, inklusif dan berkelanjutan.
Salah satunya dengan menjaga ketahanan maritim dan mendukung perlindungan laut. Hal ini disampaikan dalam Resepsi Diplomatik Pencalonan Indonesia sebagai Anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) Kategori C Periode 2026 – 2027 yang digelar di Jakarta.
Menhub menyampaikan bahwa sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga keselamatan pelayaran dan kelestarian lingkungan laut.
Dia juga menekankan bahwa di bawah visi Asta Cita Presiden Prabowo Subianto, pemerintah berupaya memperkuat tata kelola kelautan yang baik (good ocean governance) dan memperluas kerja sama internasional dalam bidang keselamatan pelayaran, perlindungan lingkungan laut, kesejahteraan pelaut, dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) maritim.
“Sejak bergabung dengan Organisasi Maritim Internasional (IMO) pada 1961 dan terus menjabat di Dewan IMO sejak 1973, Indonesia tetap teguh dalam menegakkan standar global untuk keselamatan dan keamanan di laut, perlindungan lingkungan laut, kesejahteraan pelaut, serta pengembangan kapasitas melalui kolaborasi erat dengan negara-negara maritim lainnya,” ujarnya.
Menhub menambahkan, Indonesia terus memastikan standar keselamatan tertinggi di laut dengan meningkatkan sistem komunikasi maritim dan mengintegrasikan instrumen IMO ke dalam kebijakan dan peraturan nasional.
Sejumlah capaian penting berhasil diraih Indonesia selama masa keanggotaan Indonesia di Dewan IMO periode 2024 – 2025.
Capaian itu di antaranya implementasi penuh Traffic Separation Scheme (TSS) di Selat Sunda dan Selat Lombok sejak tahun 2020 yang meningkatkan keselamatan pelayaran, serta penetapan Nusa Penida dan Gili Matra sebagai Particularly Sensitive Sea Area (PSSA) oleh IMO pada Oktober 2024.
Selain itu, Indonesia juga aktif mendukung upaya dekarbonisasi maritim melalui penerapan program B40 biodiesel, penggunaan kapal berbahan bakar LNG dan pengembangan teknologi hibrida LNG-listrik dan proyek energi terbarukan, seperti hidrogen hijau, serta bioetanol.
Dalam bidang pelabuhan, Indonesia telah menerapkan sistem digital Inaportnet di 264 pelabuhan sesuai Konvensi FAL dan membangun fasilitas Onshore Power Supply (OPS) di pelabuhan besar guna menekan emisi gas rumah kaca. Indonesia juga memberikan pelatihan Training of Trainers (ToT) dan Training of Examiners (ToE) IMO Model Course bagi negara – negara Afrika Barat dan Tengah, sebagai wujud dukungan bagi negara berkembang, serta kepulauan kecil.
Untuk itu, Menhub berharap agar negara-negara anggota IMO terus memberikan dukungan terhadap pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan IMO untuk periode 2026 – 2027.
“Kami siap memperkuat peran IMO dan memajukan sektor maritim global yang berkelanjutan, inklusif dan tangguh melalui komitmen, kolaborasi, serta tindakan nyata. Mari kita bersama – sama bernavigasi menuju masa depan maritim yang lebih berkelanjutan dan berkeadilan,” tuturnya.
Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Jenderal Kemenhub Antoni Arif Priadi, Dirjen Perhubungan Laut Muhammad Masyhud, Kepala BPSDMP Djarot Tri Wardhono, sejumlah duta besar, dan perwakilan negara anggota IMO. B





