Komitmen Pemerintah Percepat Proses Pembangunan di Empat DOB Papua

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo menegaskan komitmen pemerintah mempercepat proses pembangunan di empat Daerah Otonom Baru (DOB) Papua.

Hal itu disampaikannya pada Rapat Kunjungan Kerja (Kunker) Pimpinan dan Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Hotel Swissbell Merauke, Papua Selatan, Kamis (30/5/2024).

Provinsi Papua Selatan merupakan daerah terakhir dari agenda kunker pimpinan dan anggota Komisi II DPR di empat DOB Papua.

Sebelumnya, rombongan telah berkunjung ke Provinsi Papua Barat Daya, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Dalam kunjungan itu, rombongan Komisi II DPR meninjau progres pembangunan pusat pemerintahan di masing-masing keempat DOB.

Selama kunker berlangsung pimpinan dan anggota Komisi II DPR kerap menyampaikan berbagai masukan.

Wempi menjelaskan, masukan tersebut bakal menjadi catatan pemerintah dalam mengawal percepatan pembangunan infrastruktur di empat DOB.

Pihaknya akan terus membangun koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait, terutama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sehingga percepatan pembangunan dapat terwujud.

“Saya atas nama Bapak Menteri Dalam Negeri dan seluruh jajaran menyampaikan terima kasih kepada ketua, wakil ketua, dan seluruh anggota Komisi II DPR,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia menyatakan, hasil kunker keempat DOB Papua akan dibahas lebih lanjut dalam rapat Komisi II DPR di Jakarta.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan, hasil kunker tersebut dikoordinasikan dengan komisi terkait lainnya termasuk Badan Anggaran (Banggar) DPR.

Ya, intinya supaya bagaimana keinginan kita untuk mempercepat pembangunan di Tanah Papua ini harus diikuti, harus diakselerasi dengan dipercepatnya juga semua perencanaan yang sudah kita susun,” jelasnya.

Karena itu, lanjut Doli, catatan selama kunker keempat DOB Papua harus menjadi perhatian semua pihak, khususnya bagi Penjabat (Pj) Gubernur di empat DOB.

Baca Juga:  PENJABAT WALI KOTA BEKASI TEKANKAN NETRALITAS ASN DAN PENINGKATAN PAD

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Wamendagri dan jajaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang telah bersama-sama meninjau progres pembangunan di empat DOB.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada perwakilan dari Kementerian PUPR dan pemerintah daerah (pemda) maupun Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di empat DOB. I

Kirim Komentar