PENGHARGAAN SPBE SUMMIT 2023 UNTUK KOTA DEPOK

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih penghargaan Digital Government Award pada acara SPBE Summit 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Kota Depok meraih penghargaan tersebut pada kategori Penguatan Kebijakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Kota.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Manto mengatakan, penghargaan yang diberikan merupakan apresiasi atas dukungan Wali Kota Depok Mohammad Idris terhadap penyelenggaraan SPBE.

Dia menjelaskan bahwa pada pelaksanaan SPBE, terdapat beberapa kategori.

Antara lain Kategori Penerapan Layanan SPBE Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD), Kategori Pencapaian Indeks SPBE IPPD, Kategori Peningkatan Indeks SPBE IPPD, Kategori Pelaksanaan Tata Kelola SPBE IPPD, Kategori Penguatan Kebijakan SPBE IPPD dan Kategori Penerapan Manajemen SPBE IPPD.

Alhamdulillah, Kota Depok meraih kategori penguatan kebijakan, di mana pimpinan juga menyatakan komitmennya,” jelasnya usai mendampingi Wali Kota Depok Mohammad Idris menerima penghargaan di Kempinski Grand Ballroom Jalan M.H. Thamrin Nomor 1 Jakarta Pusat, Senin (20/3/23).

Penerapan SPBE ini tertuang pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Untuk melaksanakan Perpres tersebut Wali Kota Depok menerbitkan Peraturan Wali Kota Depok Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan SPBE.

Menurut Manto, itu terdapat juga peningkatkan nilai jika dibandingkan dengan tahun 2021 dan pada tahun tersebut, Pemkot Depok meraih nilai 2,99.

“Jika dilihat pencapaian SPBE di Kota Depok cukup mengalami percepatan yang signifikan. Indeks SPBE Kota Depok pada tahun 2021 sebesar 2,99, selanjutnya pada tahun 2022 mengalami peningkatan menjadi 3,42,” tuturnya dalam situs depokkota.go.id.

Manto menambahkan, sesuai dengan arahan Wali Kota Depok Mohammad Idris, penyelenggaraan SPBE di Kota Depok akan terus diperkuat.

Baca Juga:  Wali Kota Bekasi Resmikan Selter Pengolahan Sampah Di Kayuringin

“Regulasi kita sudah terbaik, selanjutnya peningkatan akan dilakukan seperti pada domain dan manajemen SPBE. Kami juga saat ini, bersama Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Sekretariat Daerah (Setda) tengah membangun arsitektur SPBE,” ungkapnya.

Mudah-mudahan ke depan, lanjut Manto, indeks SPBE Kota Depok dapat meningkat lagi.

“Utamanya, terdapat domain SPBE yang nilainya masih rendah. Antara lain, domain tata kelola SPBE terdiri dari perencanaan strategi SPBE, teknologi informasi dan komunikasi,” ujarnya. I

 

Kirim Komentar