KOTA SORONG DAN KAIMANA DIGUNCANG GEMPA BERMAGNITUDO 5,5 DAN 4,6

Gempa terjadi di Kota Sorong dan Kaimana, Provinsi Papua Barat. (Istimewa)
Bagikan Artikel

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengabarkan terjadi gempa di dua wilayah Provinsi Papua Barat, yakni di Kota Sorong pada Minggu (19/12/2021) sekitar pukul 01.26 WIB dan di Kaimana pada Sabtu (18/12/2021) pukul 23.30 WIB.

Bahkan, BMKG menyebutkan terjadi sebanyak empat kali gempa susulan di Kota Sorong dengan kekuatan yang berbeda-beda, yang merupakan rangkaian gempa utama.

Gempa yang terjadi Minggu dini hari di Kota Sorong dengan magnitudo 5,5 ini ada di koordinat 0.63 Lintang Selatan dan 131.49 Bujur Timur. Lokasinya sekitar 35 km di Timur Laut Kota Sorong.

MKG meminta agar warga tetap waspada, termasuk terjadinya gempa susulan berikutnya, meski gempa yang terjadi empat kali itu tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu, gempa yang terjadi di Kaimana pada koordinat 3.92 Lintang Selatan dan 133.56 Bujur Timur dengan kekuatan magnitudo 4,6, berpusat di 36 km Barat Daya Kaimana di kedalaman 17 km.

Menurut BMKG, intensitas gempa di Kaimana terukur pada skala III MMI. Ini setara guncangan gempa yang bisa dirasakan di dalam rumah, seakan ada truk melintas.

Gempa ini dirasakan lebih kuat di Sorong dan Sorong Selatan, yakni pada skala IV MMI.

Skala ini untuk mengilustrasikan guncangan gempa siang yang bisa dirasakan oleh orang banyak dalam rumah dan di luar oleh beberapa orang.

Guncangan gempa juga mampu membuat gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi. I

 

Kirim Komentar

Bagikan Artikel