MANAKARRA FAIR 2022 JADI MOMENTUM KEBANGKITAN PARIWISATA SULAWESI BARAT

Acara pembukaan Manakarra Fair 2022 di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (14/7/2022). (dok. kemenparekraf.go.is)
Bagikan Artikel

Acara Manakarra Fair 2022 yang masuk dalam 100 besar Kharisma Event Nusantara (KEN) diharapkan menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Mamuju, Sulawesi Barat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka secara resmi Manakarra Fair 2022 yang merupakan event tahunan dari Pemerintah Kabupaten Mamuju.

Kegiatan tersebut menghadirkan berbagai kegiatan, seperti acara kebudayaan, fesyen, pameran produk Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM), pertunjukan musik, e-sport, dan Motor Contest.

Manakarra Fair 2022 juga merupakan salah satu kegiatan yang masuk dalam 100 besar Kharisma Event Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf,” ujarnya pada pembukaan Manakarra Fair 2022 di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat, Kamis (14/7/2022).

Sandiaga mengatakan, pada event ini dapat dilihat sebagai satu optimisme yang tinggi dari masyarakat Mamuju, Sulawesi Barat, bahwa kegiatan ini sudah mulai bisa terlaksana dengan hasil kolaborasi semua pihak.

“Saya ingin memberi apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Mamuju. Ini adalah momen kebangkitan, terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” jelasnya.

Momentum ini, kata Sandiaga, sangatlah penting untuk dapat terus dijaga dan ditingkatkan.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat tinggi bagi perkembangan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, apalagi sebelumnya Kabupaten Mamuju juga pernah beberapa kali terdampak akibat gempa bumi.

Manakarra Fair 2022 berhasil masuk 100 besar KEN 2022, ini tidak mudah, karena kurator dari luar negeri ikut memberikan penilaian. Saya lihat event ini bukan hanya beautifikasi, tapi mengedepankan beberapa aspek, seperti unique selling point, inclusivity, dan juga sustainability,” tuturnya.

Sandiaga meyakini bahwa dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan yang terus ditingkatkan dan juga go digital, pariwisata dan ekonomi kreatif di Mamuju akan segera bangkit.

“Berbagai tantangan yang dihadapi di dalam atraksi, amenitas, dan aksesibilitas bisa diatasi. Dengan lintas kementerian/lembaga saya akan dorong untuk dapat dibenahi satu per satu,” tuturnya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik menyampaikan apresiasi atas dukungan Kemenparekraf/Baparekraf bagi kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Sulawesi Barat, khususnya melalui dukungan penyelenggaraan Manakarra Fair 2022.

“Kehadiran Pak Menteri bagi kita menjadi sebuah stimulan, kita tunjukkan pada dunia dan daerah lain bahwa Sulawesi Barat bukan lagi daerah remote, tapi akan menjadi satu penunjang pariwisata di Indonesia, karena kita punya potensi yang luar biasa,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi menjelaskan, Manakarra Fair 2022 mengusung tema The Window of Promotion, yang menitikberatkan pada promosi pariwisata dan ekonomi kreatif di Mamuju.

“Memacu dan mengubah potensi yang ada menjadi produk pariwisata dan ekonomi kreatif yang memakmurkan masyarakat,” ungkapnya. I

 


Bagikan Artikel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here