MASYARAKAT BERSATU PADU MENUJU TATANAN EKONOMI BARU PASCAPANDEMI

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat peluncuran program “Juragan Lele Lalap” di Petamburan, Jakarta Barat, Selasa (14/3/2022). (Istimewa)
Bagikan Artikel

Pemerintah bersama dengan masyarakat untuk bersama-sama menyusun tatanan ekonomi baru pascapandemi, sehingga dapat meningkatkan penciptaan peluang usaha dan lapangan kerja.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak masyarakat untuk menyusun tatanan ekonomi baru pascapandemi.

“Kita tidak bisa seperti dulu, ekonomi disusun sendiri-sendiri. Seperti pesan Presiden Joko Widodo kita harus pastikan ekonomi ini dirasakan, sehingga peningkatannya mampu membuka peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja,” ujarnya saat peluncuran program “Juragan Lele Lalap” di Petamburan, Jakarta Barat, Selasa (14/3/2022).

Ekonomi baru yang dimaksud, lanjut Menparekaf, adalah ekonomi berbasis digital, ekonomi berbasis kesehatan, ekonomi yang memastikan keunggulan sumber daya manusia, ekonomi berkeadilan yang membuka peluang sampai tingkat desa wisata dan desa kreatif.

Jadi, Sandiaga menambahkan, Indonesia bisa menjadi destinasi yang berkualitas yang mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan.

“Kondisi ekonomi yang kita hadapi kedepan dipastikan sudah tidak sama seperti dahulu. Untuk itu, pemerintah hadir memastikan ekonomi ini dirasakan oleh masyarakat dan peningkatannya ini mampu membuka lapangan kerja,” tuturnya.

Program “Juragan Lele Lalap” untuk mendorong masyarakat dapat berwirausaha. Program ini menjadi langkah awal program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Sandiaga menjelaskan bahwa dalam program ini diberikan bantuan berupa benih ikan lele sekaligus pelatihan dan pendampingan selama dua bulan kedepan.

“Sekarang kita tata ekonominya, karena saat ini pandemi sudah mulai terkendali dan kita tata ekonominya dengan kebangkitan ekonomi, pembukaan lapangan kerja, dan perluasan lapangan usaha,” katanya.

Menparekraf menyatakan, masyarakat dalam program ini diharapkan memiliki penghasilan tambahan.

“Bahan pokok akan naik, telur akan naik. Lele ini menjadi sumber protein. Harapannya dari satu ember bisa menghidupi satu keluarga dengan tambahan penghasilan sehingga mereka bisa meningkatkan ekonomi pascapandemi,” ungkapnya.

Saat mengunjungi RW 3 Kelurahan Petamburan, Sandiaga didampingi Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Henky Manurung. I

 

Kirim Komentar

Bagikan Artikel