Menparekraf Ajak Pelaku Ekraf Aceh Perkuat Ekosistem Kreatif lewat Kelana Nusantara

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak para pelaku ekonomi kreatif di Aceh untuk memanfaatkan program Kelana Nusantara sebagai upaya memperkuat ekosistem kreatif.

Menparekraf Sandiaga dalam kegiatan Kelana Nusantara di Sribudaya Resort & Homestay, Aceh mengatakan, Aceh memiliki produk-produk ekonomi kreatif (ekraf) yang beraneka ragam, sehingga ekosistem ekraf yang ada harus diperkuat.

Kelana Nusantara hadir untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif para pelakunya, pengambil kebijakannya, destinasi, serta infrastruktur ekonomi kreatif,” kata Sandiaga.

Kelana Nusantara merupakan ajang serap aspirasi dari para pelaku ekonomi kreatif yang diinisiasi oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

Forum ini dijadikan sebagai wadah untuk menampung aspirasi dari bawah atau dikenal dengan istilah bottom up yang kemudian hasilnya nanti dijadikan bahan masukan dan evaluasi dalam perumusan kebijakan.

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan, penguatan ini perlu dilakukan dalam rangka menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatra Utara pada September 2024.

Pelaku ekraf di Aceh dan para pemangku kepentingan harus segera mempersiapkan ekosistem ekraf secara maksimal, salah satunya melalui pelatihan-pelatihan.

“Ternyata yang paling banyak dibutuhkan itu adalah pelatihan pemasaran dan permodalan dan kami akan fasilitasi semua langkah-langkah para pelaku UMKM ini, karena sebagian dari mereka telah berhasil membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas bagi masyarakat,” katanya. I

Kirim Komentar
Baca Juga:  KEMENPAREKRAF SERAHKAN DAK PARIWISATA UNTUK TINGKATKAN AMENITAS DAN ATRAKSI WISATA