MENPAREKRAF LANTIK 35 PEJABAT DI LINGKUNGAN KEMENPAREKRAF

Menparekraf/Kabaparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama dengan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo beserta jajaran memberikan selamat kepada pejabat yang baru dilantik di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (5/9/2022). (dok. kemenparekraf.go.id)
Bagikan Artikel

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melantik 35 pejabat di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Menparekraf Sandiaga menyampaikan kutipan dari John C. Maxwell seorang penulis tentang leadership yang berbunyi A leader is one who knows the way, goes the way, and shows the way. Leadership is not a position or a title, it is action and example. To be a good leader, you have to be a good teacher.

“Intinya bahwa seseorang memiliki jiwa leadership juga harus memperlihatkan aksi nyata dan contoh yang baik di mana pun kita bertugas, bekerja, dan apapun jabatan kita duduki,” katanya saat memberikan amanat Pelantikan di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Senin (5/9/2022).

Menurut Sandiaga, untuk menjadi pemimpin yang bijak dan inspiratif pun harus menerapkan tujuh kemampuan utama yaitu terbuka pada masukan dan selalu siap membuka diri, serta terbuka pada inovasi dan ide-ide.

Selain itu, lanjutnya, menekankan pada upaya mendorong anggotanya untuk berkembang, keterampilan komunikasi yang baik, keterampilan interpersonal yang bisa berdampak luas, mendukung perubahan organisasi menjadi lebih baik, dan navigator konflik yang efektif.

“Saya terus menggaungkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, tapi itu bukan hanya jargon, melainkan harus menjadi apa yang kita lakukan setiap hari, menjadi pioneer dalam mempercepat diseminasi dan transformasi, teknologi informasi dan komunikasi,” jelasnya.

Sandiaga menuturkan, bentuk jaringan sistem di tempat baru bertugas, eliminasi sekat-sekat birokrasi dan organisasi, tingkatkan koordinai intra dan antarunit kerja secara terpadu, serta sederhanakan akses dan tingkatkan transparansi dalam pelayanan publik,” ujarnya.

Menparekraf mengingatkan kepada seluruh pejabat yang dilantik bahwa Kemenparekraf memiliki target untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di tahun 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di tahun 2024.

Sandiaga menilai hal tersebut dapat diwujudkan apabila semua pihak bekerja sama dan mendukung secara all out pelaku ekonomi kreatif untuk naik kelas.

“Karena 97% penciptaan lapangan kerja ada di UMKM. Kalau kita fokus hadir di tengah-tengah masyarakat, kita dorong agar UMKM naik kelas, kita on boarding-kan mereka ke ekosistem ekonomi digital,” jelasnya.

Menparekraf meyakini bahwa semua pihak bisa terus membangun Indonesia yang lebih inklusif dan capaian bisa naik 12 peringkat ke-32, dengan mengalahkan Thailand, Vietnam, dan Malaysia di Travel and Tourism Index oleh World Economiy Forum, karena program Kemenparekraf bersifat inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Selain itu, Sandiaga juga berpesan agar jajarannya baru baru dilantik selalu menerapkan etos kerja 4 AS yaitu kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas.

“Fokus pada pencapaian tujuan organisasi dan bekerja sepenuh hati, disiplin, dan terpenting amanah. Dengan demikian diharapkan mampu mewujudkan organisasi yang fungsional, memiliki kinerja yang optimal dan berakhlak,” ungkapnya.

Sandiaga menyatakan bahwa hal tersebut harus diiringi dengan semangat 3G ‘gercep’ gerak cepat, fast, ‘geber’ gerak bersama, ‘gaspol’ garap semua potensi untuk menciptakan lapangan kerja termasuk online.

Ke-35 pejabat yang dilantik terdiri dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama sebanyak 18 orang, Direktur Politeknik Pariwisata Palembang ada satu orang, Direktur Keuangan, Umum, dan Komunikasi Publik Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) sebanyak satu orang, Kepala Divisi Keuangan BPOB sebanyak satu orang, Pejabat Administrasi ada enam orang, serta Pejabat Fungsional sebanyak delapan orang. I

Kirim Komentar

Bagikan Artikel