PENYALURAN KUR UMKM JAWA TENGAH JADI TERBESAR NASIONAL

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

KUR bertujuan memperkuat kemampuan permodalan usaha dalam rangka pelaksanaan kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM.

Berdasarkan data Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kementerian Keuangan per Rabu (26/10/2022), nilai penyaluran KUR nasional mencapai Rp 295,2 triliun.

Nilai tersebut telah meningkat 4,2% jika dibandingkan dengan sepanjang tahun 2021 yang sebesar Rp 283,34 triliun.

Sementara itu, jumlah debitur KUR sebanyak 7,03 juta orang hingga 26 Oktober 2022.

Jumlahnya lebih rendah dari posisi tahun sebelumnya yang sebanyak 8,37 orang.

Dilihat dari wilayahnya, Jawa Tengah (Jateng) menjadi provinsi yang paling banyak menerima KUR dengan nilai penyaluran sebesar Rp55,27 triliun.

Posisinya diikuti oleh Jawa Timur dan Jawa Barat yang nilai penyalurannya masing-masing sebesar Rp54,33 triliun dan Rp42,15 triliun.

Sekedar informasi, selama ini UMKM sudah jadi penyangga ekonomi Indonesia, utamanya bila mengacu kepada krisis di akhir 90-an.

Sektor itu sangat resilien dan memegang peranan penting dalam menghadapi berbagai tantangan krisis global.

Wajar saja bila pemerintah terus memperkuat dan memperbaiki sektor UMKM, baik dengan memberikan insentif, pendanaan, dan dukungan fasilitas infrastruktur terutama pemasarannya.

Salah satunya dengan menggenjot pendanaan bagi sektor UMKM, melalui fasilitas KUR.

Tidak mengherankan, karena sepanjang 2022 lalu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sering membantu para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 untuk terus tumbuh dan bangkit.

Sejumlah program, seperti Lapak Ganjar, Hetero Space, hingga Kredit Kerakyatan tersebut terus digalakkannya.

Lapak Ganjar yang merupakan program promosi produk UMKM di Instagram resmi @ganjar_pranowo berdampak besar pada masyarakat.

Baca Juga:  EVALUASI UNTUK PEJABAT KEPALA DAERAH YANG TIDAK GUNAKAN PDN DALAM PBJ

Setiap minggunya berbagai UMKM dari berbagai kategori merasakan manfaat dari adanya Lapak Ganjar ini. I

 

Kirim Komentar