Peresmian 24 Ruas IJD di Kalbar Perlancar Pergerakan Masyarakat

Peresmian sebanyak 24 ruas jalan yang ditangani melalui Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Kalimantan Barat akan memperlancar mobilitas atau pergerakan masyarakat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Jokowi saat meresmikan 24 ruas jalan tersebut, baru-baru ini.

Peresmian dilakukan di ruas Pasir Panjang – Parit Kedaung yang berada di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua Komisi V DPR Lasarus, Anggota Komisi V DPR Syarif Abdullah, Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Harisson, dan Bupati Kabupaten Mempawah Erlina.

“Pada hari ini akan kita resmikan 24 ruas jalan di provinsi Kalimantan Barat yang menghabiskan anggaran Rp648,15 miliar sepanjang 165,13 km. Salah satunya yang kita lihat pada sore hari ini. Diharapkan setelah yang 2023 selesai, kemudian dilanjutkan lagi di 2024,” kata Presiden.

Dengan terlaksananya IJD hingga ke jalan-jalan antar Kabupaten, Kepala Negara berharap mobilitas barang dan jasa akan semakin mudah dan berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

“Kita harapkan jalan-jalan yang rusak semuanya sudah bisa kita perbaiki, sehingga mobilitas orang dan barang, serta logistik yang melalui jalan-jalan ini semuanya bisa serba cepat dan menjadikan barang-barang yang ada lebih murah dan kompetitif,” jelasnya.

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menjelaskan, pada Tahun Anggaran (TA) 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp14,6 triliun untuk pelaksanaan IJD secara nasional untuk penanganan 2.873 km jalan daerah di seluruh Indonesia.

“Saat ini, IJD 2023 sudah dalam masa pemanfaatan masyarakat, sehingga harapannya setelah diselesaikan ini konektivitas semakin bagus, bisa menekan harga barang dan bisa membuat produk-produk masyarakat menjadi lebih kompetitif di pasar,” ungkapnya.

Baca Juga:  KEMENTERIAN PUPR SELESAIKAN PEMBANGUNAN HUNTAP KAWASAN DUYU DAN SUDAH DIHUNI

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Kalimantan Barat Handiyana menambahkan, pelaksanaan IJD di Provinsi Kalimantan Barat pada 2023 tersebar di 11 Kabupaten/ Kota yaitu di Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Sekadau, Sanggau, Ketapang, Kubu Raya, Kota Pontianak, Mempawah, Kota Singkawang, dan Kabupaten Sambas.

“Untuk IJD 2024 akan dilakukan penanganan terhadap ruas-ruas jalan daerah di Provinsi Kalimantan Barat. Saat ini, sedang dalam proses persiapan pelaksanaan. Kementerian PUPR tentu berharap agar ruas jalan yang telah selesai bisa bermanfaat sehingga pergerakan masyarakat bisa semakin mudah dan lancar,” tutur Handiyana.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, serta Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Nyoman Suaryana. I

 

Kirim Komentar