POTENSI HUJAN LEBAT DISERTAI KILAT DAN PETIR DI JAKARTA 2-8 OKTOBER

Cuaca di Jakarta. (dok istimewa)
Bagikan Artikel

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberi peringatan terkait adanya cuaca ekstrem di Ibu Kota mulai 2-8 Oktober 2022.

Peringatan ini disampaikan melalui akun Instagram resmi BPBD DKI, @bpbddkijakarta, pada Minggu (3/9/2022).

Data BPBD menyebutkan, perkiraan cuaca esktrem itu merupakan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode 2-8 Oktober 2022 di wilayah DKI Jakarta,” tulis BPBD DKI, dikutip Senin (3/9/2022).

BPBD DKI pun mengimbau warga agar tetap waspada terhadap potensi bencana, seperti banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, hingga pohon tumbang.

Berdasarkan informasi dari BMKG, BPBD menyatakan bahwa cuaca ekstrem itu diindikasi dari adanya belokan dan perlambatan kecepatan angin.

Hal ini yang dapat meningkatkan pola konvektifitas serta aktifnya fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin.

Kondisi itu lantas memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan, termasuk Ibu Kota Jakarta.

Untuk diketahui, warga dapat mengakses informasi soal banjir terkini melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

Jika mengalami atau menemukan keadaan darurat, warga dapat menghubungi call center Jakarta Siaga 112 atau menggunakan tombol darurat melalui aplikasi Jakarta Aman. I

Kirim Komentar

Bagikan Artikel