RADEN GANI HADIRI PEMBINAAN SIPD BAGI APARATUR PEMKOT BEKASI

Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi Raden Gani Muhamad menghadiri sekaligus membuka Pembinaan Sistim Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) bagi aparatur di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi Bertempat di Aula Green Fores Kota Bandung pada Rabu (8/11/2023).

Pembinaan SIPD digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penilitian (Bappelitbangda) Kota Bekasi dalam rangka meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada untuk mendukung penginputan data pada SIPD dengan data yang valid dalam perencanaan dan pemetaan pembangunan daerah.

Terlebih lagi, SIPD berperan dalam menyediakan informasi kepada masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah sehingga menghasilkan layanan informasi pemerintahan daerah yang saling terhubung atau terintegrasi serta meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan efisien.

Maka dari itu, menurut Bekasi Raden Gani, kualitas para SDM yang menangani SIPD musti terus dikembangkan serta ditingkatkan melalui berbagai metode dan juga difasilitasi dengan maksimal.

“Adanya SIPD merupakan sebuah bentuk efisiensi dalam proses perencanaan dan penganggaran, serta pengawasan terhadap pelaksanaannya, sehingga semua SDM yang menangani melakukan input SIPD dapat memantapkan pengetahuan dan kemampuannya sebagai bagian dari upaya mendorong pengelolaan keuangan daerah yang semakin efisien, akuntabel, dan transparan,” jelasnya.

Raden Gani berharap, peserta dapat memahami, mengimplementasikan penggunaan  aplikasi SIPD ini dengan sepenuhnya dan sebaik-baiknya demi terwujudnya konsistensi antara dokumen perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan akuntansi pelaporan.

Sebagai informasi tambahan, jumlah peserta pembinaan tersebut sebanyak 130 orang yang membidangi perencanaan, penganggaran dan penatausahaan di lingkup Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi. I

Kirim Komentar
Baca Juga:  KEMENDAGRI DORONG PENERAPAN SPBE DI PEMDA BERSIFAT FLEKSIBEL