Rute Baru Surabaya – Berau Disambut Kemenhub

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubud Kemenhub) menyambut positif peluncuran rute baru maskapai Super Air Jet yang menghubungkan Surabaya dan Berau pergi pulang (pp) yang dilaksanakan pada 14 Juni 2024.

Momen membanggakan ini menandai langkah penting dalam peningkatan konektivitas udara di Indonesia, khususnya antara Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

Penerbangan perdana ini dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Bupati Kabupaten Berau Sri Juniarsih Mas, perwakilan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Presiden Direktur Lion Group Capt. Daniel Putut, dan Kepala BLU Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau Berau Ferdinan Nurdin.

Kehadiran para pejabat tersebut menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung pengembangan konektivitas pada penambahan rute penerbangan ini.

Rute Surabaya – Berau PP akan melayani penumpang setiap hari dengan pesawat bermesin jet Airbus A320 yang membuka akses yang lebih luas bagi masyarakat kedua wilayah.

Ferdinan Nurdin mengungkapkan bahwa rute ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dan memfasilitasi pertumbuhan ekonomi lokal.

“Kami melihat potensi besar dari penambahan rute baru ini untuk mendorong perkembangan ekonomi, perdagangan, pariwisata dan sosial di wilayah Berau dan sekitarnya,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa manfaat strategis dari rute penerbangan langsung dari Surabaya akan memudahkan wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata unggulan Kabupaten Berau, seperti Kepulauan Derawan dan Maratua.

Selain itu, ini juga akan memberikan dampak positif bagi sektor bisnis dan iklim investasi di Kabupaten Berau.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Kalimatan Timur Akmal Malik mengapresiasi inisiasi pembukaan rute baru tersebut dan meminta agar pemerintah Kabupaten Berau dapat menjaga tingkat keterisian penumpang dan juga menghimbau Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kalimarau agar selalu meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan operasional penerbangan.

Baca Juga:  TARGET BEROPERASI BANDARA DHOHO KEDIRI AWAL TAHUN 2024

“Kami mendukung penuh inisiatif ini dan berharap rute baru ini akan berkelanjutan dan berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan berkontribusi dalam meningkatkan konektivitas udara di Kalimantan Timur,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Berau Sri Juniarsih juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi terhadap pembukaan rute baru tersebut dan saat yang sama menyampaikan usulan kepada Lion Group untuk membuka rute baru lainnya dari Berau menuju Makassar, Yogyakarta, dan Denpasar.

Menurutnya, perluasan rute penerbangan ini memiliki potensi pasar yang tinggi dan memberikan pilihan perjalanan yang lebih banyak bagi masyarakat Berau.

Presiden Direktur Lion Group Capt. Daniel Putut menuturkan, selain rute baru Surabaya – Berau pp, sebelumnya Lion Group telah mengoperasikan beberapa rute dari Berau seperti ke Samarinda, Balikpapan, dan Jakarta.

Selain itu, untuk membuka peluang penerbangan umrah bagi masyarakat Berau dari Bandara Kalimarau sebagai feeder.

Harapan ke depan, rute Surabaya – Berau ini tidak hanya meningkatkan konektivitas, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi dan pariwisata yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Berau.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan terus mendukung pengembangan rute-rute baru yang strategis untuk kemajuan transportasi udara di Indonesia. I

Kirim Komentar