SOSIALISASI KEPATUHAN WAJIB PAJAK DITERAPKAN

Rapat Koordinasi (Rakor) Kantor Wilayah DJP Provinsi Jawa Barat III, Selasa (12/10/2021). (Istimewa)
Bagikan Artikel

Pentingnya pajak dalam mengelola Anggaran Pembangunan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD), terutama untuk menyejahterakan masyarakat.

Untuk itu, menurut Plt. Kepala Kanwil DJP Jawa Barat III Muhammad Ismiransyah M. Zain, diperlukan sosialisasi kepatuhan bagi wajib pajak.

“Tidak ada Direktorat Jendral Pajak yang berhasil kalau tidak ada kerjasama terbaik dengan pemerintah setempat, kepatuhan warganya terhadap pajak yang sangat bagus untuk rencana pembangunan yang akan ikut bagus juga,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kantor Wilayah DJP Provinsi Jawa Barat III, Selasa (12/10/2021).

Kegiatan Rakor tersebut untuk mengevaluasi hasil kinerja dari DJP wilayah III termasuk di wilayah Kota Bekasi melalui cabang cabang kantor pajak yang ada di wilayah ini.

Rakor digelar di Harris Convetion Hall dihadiri oleh Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, Plt. Kepala Kanwil DJP Jawa Barat III Muhammad Ismiransyah M. Zain, Kepala KKP Pratama Bekasi Barat Nany Nur Aini, dan juga Kepala KKP Pratama Pondok Gede Oktria Hendrarji

Harapannya, Ismiransyah menambahkan, adalah menciptakan sebuah sinergi yang baik dan berkelanjutan dengan jajaran dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, yakni terdapat empat poin.

Keemat poin itu di antaranya mendorong peningkatan rasio penyampaian kepatuhan formal SPT Tahunan PPh yang tinggi dan berkualitas, tercapainya target kepatuhan penyampaian SPT Tahunan PPh, tercapainya target penerimaan pajak, dan peningkatan alokasi Dana Bagi Hasil (DBH) pajak.

Sementara itu, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyatakan, harus disiapkan sistem dan kemauan dalam menyerap pajak melalui perangkat daerah dilingkup Pemkot Bekasi agar bagaimana progres dan langkah kota ini dalam menyosialisasikan kepatuhan dalam kewajiban membayar pajak.

Sistem koordinasi terbaik harus bersama diwujudkan melalui kerjasama yang baik antarpemerintah daerah dengan Direktorat Jendral Pajak.

“Mudah mudahan dengan pertemuan ini memberikan inspirasi dan mendapatkan hasil yang terbaik dan dapat bekerja sama lebih baik,” kata Wali Kota Bekasi. I

 

Kirim Komentar

Bagikan Artikel