US Embassy dan Coast Guard Kunjungi PPLP Kelas II Tanjung Perak

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Ditjen Hubla Kemenhub) melalui Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Kelas II Tanjung Perak Surabaya mendapat kunjungan dari delegasi Kedubes Amerika Serikat di Jakarta dan United States (US) Coast Guard.

Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat kerja sama maritim antara Indonesia dan Amerika Serikat, serta untuk berdiskusi mengenai potensi kerja sama dalam bidang pengembangan kapasitas SDM KPLP (Indonesia Sea and Coast Guard).

Kepala PPLP Kelas II Tanjung Perak Devi A. Mamesah mengatakan, delegasi Amerika Serikat juga berkesempatan mengunjungi Kapal Negara Patroli Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak, yaitu Kapal Patroli KN Chundamani P.116, KNP. 329 dan KNP. 371.

“Kami berharap kunjungan ini dapat mempererat kerja sama yang telah lama berjalan dengan US Coast Guard  yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kami dalam menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim di perairan Indonesia,” tutur Devi saat memberikan sambutan di Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak, Jiipe Manyar Kabupaten Gresik, Rabu (12/6/2024).

Selama kunjungan tersebut, delegasi US Embassy dan US Coast Guard  mengadakan serangkaian diskusi dan bertukar pengalaman bersama dengan personel Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai kelas II Tanjung Perak terkait pelaksanaan tugas dan fungsi penjaga laut dan pantai (Indonesia Sea and Coast Guard).

Adapun topik yang dibahas meliputi penegakan hukum di laut, misi bantuan musibah pelayaran dan manajemen perawatan kapal patroli.

Selain itu, delegasi US juga mengunjungi fasilitas dan peralatan yang dimiliki oleh Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak.

Terakhir, Devi berharap kunjungan US Embassy dan US Coast Guard ke Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Perak ini dapat menjadi langkah awal dari banyak inisiasi kolaboratif lainnya yang akan mendukung peningkatan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim di perairan Indonesia. I

Kirim Komentar
Baca Juga:  MENHUB PIMPIN DELEGASI INDONESIA GALANG DUKUNGAN JELANG PEMILIHAN ANGGOTA DEWAN IMO