Pemerintah Alokasikan Anggaran 2025 Sebesar Rp75,63 Triliun untuk Pembangunan di Berbagai Sektor

Pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mengalokasikan anggaran sebesar Rp75,63 triliun untuk Tahun Anggaran (TA) 2025 kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam rangka mendukung Asta Cita Visi Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045, sesuai arahan Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih.

Alokasi anggaran ini akan berfokus pada beberapa sektor utama, termasuk diantaranya sektor ketahanan pangan, energi dan Sumber Daya Air melalui pembangunan bendungan dan irigasi yang direncanakan memiliki total area mencapai 17.000 hektare.

Selain itu, pengendalian banjir di desa dan perkotaan juga akan menjadi prioritas, bersama dengan penyediaan prasarana air baku, serta pembangunan jalan nasional.

Utamanya dalam hal ini, pembangunan jalan nasional dari Aceh hingga Papua sepanjang 128,1 km, kemudian melanjutkan konektivitas melalui pembangunan jalan bebas hambatan sepanjang 4,83 km.

Selain itu, dalam upaya meningkatkan kualitas hidup di pedesaan, Pemerintah juga akan memperluas program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) melalui pembangunan di kawasan permukiman, gedung sekolah, dan madrasah di berbagai lokasi.

Untuk sektor perumahan, alokasi sebesar Rp4,53 triliun akan digunakan untuk melanjutkan pembangunan hunian vertikal dan memenuhi target pembangunan rusun untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Dengan begitu, pemerintah memastikan bahwa semua rencana kegiatan yang didanai oleh APBN sebesar Rp75,63 triliun tersebut akan dilaksanakan bukan hanya diperkotaan melainkan juga perdesaan sesuai dengan visi pemerintah mendatang, mendukung pencapaian Indonesia Emas 2045.

Sementara itu, Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Wakil P{residen Terpilih Gibran Rakabuming Raka mengusung delapan misi atau Asta Cita yang berisikan tentang pengokohan ideologi hingga demokrasi.

Ada juga soal pemantapan sistem pertahanan negara dan mendorong kemandirian bangsa lewat swasembada pangan hingga ekonomi kreatif.

Baca Juga:  Optimalisasi Transportasi Perkotaan di Medan Didorong Menhub

Prabowo – Gibran juga berjanji memperkuat pembangunan SDM, melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi demi negeri, meningkatkan lapangan kerja hingga soal reformasi politik, hukum dan birokrasi.

Berikut ini Asta Cita Prabowo-Gibran selengkapnya.

Visi Presiden dan Wakil Presiden akan dicapai dengan delapan misi yang disebut Asta Cita sebagai berikut:

  1. Memperkokoh ideologi Pancasila, demokrasi dan hak asasi manusia (HAM).
  2. Memantapkan sistem pertahanan keamanan negara dan mendorong kemandirian bangsa melalui swasembada pangan, energi, air, ekonomi kreatif, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.
  3. Meningkatkan lapangan kerja yang berkualitas, mendorong kewirausahaan, mengembangkan industri kreatif, dan melanjutkan pengembangan infrastruktur.
  4. Memperkuat pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), sains, teknologi, pendidikan, kesehatan, prestasi olahraga, kesetaraan gender, dan penguatan peran perempuan, pemuda, dan penyandang disabilitas.
  5. Melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.
  6. Membangun dari desa dan dari bawah untuk pemerataan ekonomi dan pemberantasan kemiskinan.
  7. Memperkuat reformasi politik, hukum dan birokrasi, serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi dan narkoba.
  8. Memperkuat penyelarasan kehidupan yang harmonis dengan lingkungan, alam, dan budaya, serta peningkatan toleransi antarumat beragama untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur. I

 

Kirim Komentar